Kompas.com - 24/02/2015, 13:00 WIB
Sejumlah pria Turki kenakan rok wanita untuk lakukan aksi protes TIME.COMSejumlah pria Turki kenakan rok wanita untuk lakukan aksi protes
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Kondisi janggal terjadi ketika para pria dengan ramai turun ke jalan mengenakan rok mini. Bukan, ini bukan pergelaran busana, melainkan aksi protes para pria Turki untuk memperjuangkan hak-hak asasi kaum wanita.

Peristiwa yang melatari aksi ini adalah kejadian naas yang menimpa seorang mahasiswi bernama Ozgecan Aslan (20). Beberapa waktu lalu, Aslan tewas dibunuh karena melawan saat seorang sopir minibus melakukan penyerangan seksual terhadap dirinya. Tragis, setelah dibunuh, jasad Aslan dibakar oleh pelaku di tepi sungai.

Sontak, kejadian tersebut pun menyulut emosi sejumlah masyarakat Turki yang kemudian memilih melakukan protes dan demonstrasi. Tujuannya ialah agar pemerintah setempat bertindak untuk menghentikan kekerasan terhadap kaum wanita.

Protes ini berlangsung di sejumlah jalan di Turki. Tak hanya itu, netizen dunia, terutama yang berasal dari Turki, menyuarakan protes di ranah media sosial.

Aksi para pria memakai rok ini, seperti dilaporkan Time, baru kali pertama dilakukan oleh kelompok pria dari Azerbaijan yang menyebarluaskan aksi protes di media sosial melalui tanda pagar atau tagar #ozgecanicinminietekgiy. Jika diterjemahkan, kalimat tersebut memiliki arti, "kenakan rok mini untuk Ozgecan". Seiring waktu, aksi protes menyebar dan terus berkembang.

Pengacara Turki sekaligus aktivis, Hulya Gulbahar, mengatakan bahwa aksi tersebut terbilang sangat efektif. "Banyak orang yang mencari alasan untuk memerkosa dan membunuh. Namun, untuk kasus yang ini, tidak ditemukan alasan apa pun. Sebab, Aslan sangat lugu. Benar-benar lugu. Protes ini menunjukkan bahwa rok mini bukanlah alasan untuk sebuah pemerkosaan," ujar Gulbahar.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Time
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.