Kompas.com - 02/03/2015, 19:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Ternyata, bulu dada tidak hanya dialami oleh pria. Pada beberapa wanita, ditemukan juga bulu di sekitar area dada. Namun, bulu dada pada wanita tidak tumbuh selebat pria, tetapi cenderung sedikit dan "hadir" di sekitar puting payudara.

Menurut Dr Tina Alster, Director of The Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery, sebanyak 30 persen wanita di dunia memiliki bulu-bulu halus di sekitar puting payudara. Penyebabnya adalah faktor genetis alias keturunan. Namun, tak jarang, kondisi ini disebabkan oleh karena adanya ketidakseimbangan hormon.

Saran dari Dr Alster adalah jangan hiraukan kehadiran bulu-bulu tersebut apabila Anda tidak nyaman melihat bulu-bulu di sekitar payudara tersebut. Perawatan yang dianjurkan oleh Dr Alster ialah menggunting dan mencabut dengan perlahan.

Dr Alster sama sekali tidak merekomendasikan waxing dan mencukur bulu karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Pasalnya, kulit payudara tergolong area yang sensitif dan bisa memengaruhi kesehatannya secara menyeluruh.

Selain itu, kata Dr Alster, Anda bisa menghilangkan bulu-bulu tersebut secara permanen dengan cara laser hair removal. Namun, pastikan proses perawatan ini dilakukan hanya satu bulan sekali selama tiga bulan secara kontinu.

Metode tersebut di atas hanya ampuh menghilangkan 80 persen bulu. Kemudian, perawatan laser membutuhkan biaya tinggi, tetapi proses pengerjaannya cenderung tidak menimbulkan rasa nyeri dan perih pada kulit Anda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.