Kompas.com - 15/03/2015, 18:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Mengajarkan anak agar berbuat hal yang baik adalah tugas dari orangtua, tak ada salahnya untuk menularkan kebiasaan baik pada anak laki-laki dalam menerima perbedaan dan menghormati pada teman perempuan.

Hal ini akan membuat anak laki-laki lebih mudah bersosialisasi, baik dengan teman lelaki juga teman perempuan.

Berikut beberapa cara mengajarkan anak laki-laki untuk menghormati perempuan, seperti dilansir dari situs Boldsky:


1. Ajarkan untuk tak menggunakan kekerasan fisik
Hal ini menjadi dasar paling penting bagi seorang anak agar tak mengandalkan kekerasan fisik. Khsususnya pada perempuan, tekankan pada anak bahwa kuat bukan berarti memiliki hak untuk melukai orang lain.

2. Berbicara sopan
Berbicara dengan sopan kepada siapapun, terutama terhadap perempuan, adalah hal penting yang perlu diajarkan kepada anak sedari dini.

3. Menghargai kontribusi perempuan
Ketika dua jender saling menghargai kontribusi masing-masing, semua akan menjadi lebih baik. Baik dalam keluarga ataupun lingkungan lainnya ajarkan anak untuk menghargai kontribusi orang lain.

4. Menghargai argumen
Menjawab argumen saat berdebat dengan cara yang sopan dan pintar adalah salah satu point penting yang perlu diajarkan oleh orangtua pada anaknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.