Kompas.com - 17/03/2015, 07:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Peminat olahraga yoga terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain menenangkan pikiran, yoga juga mujarab dalam pembentukan tubuh dan otot. Gerakan yoga yang cenderung perlahan tapi penuh intensitas, melatih konsentrasi dan kekuatan tubuh dalam waktu bersamaan.

Para pecinta yoga pasti tahu materi yang wajib dimiliki, yakni matras yoga. Gerakan yoga banyak membutuhkan keseimbangan tubuh dalam posisi terlentang, duduk, dan berdiri, relatif berbahaya jika dilakukan tanpa alas yang nyaman dan lembut sebagai pembatas antara tubuh Anda dengan lantai.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan matras yoga, padahal berolahraga pada alas yang kotor bisa merugikan penampilan fisik Anda. Salah satu efek buruk berlatih yoga di atas matras yang kotor adalah bisa memicu tumbuh jerawat pada punggung dan wajah.

 “Jangan menempelkan wajah pada matras kecuali matras tersebut milik Anda sendiri. Sebab, matras yoga yang kotor merupakan sarang bakteri dan kuman. Jadi, apabila Anda menempelkan wajah di atasnya akan menyebabkan jerawat serta iritasi,” kata Dr Gary Goldfaden, Founder GOLDFADEN MD.

Senada dengan Dr Gary, Cecilia Wong, Founder dan Dermatologis di Cecilia WongSkincare New York City, menyarankan untuk membersihkan matras yoga dengan cairan pembersih yang disemprotkan atau probiotik. Lakukanlah sebelum dan sesudah Anda menggunakan matras. Pasalnya, cara tersebut efektif membasmi kuman dan bakteri dari keringat yang bercampur kotoran tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber She Knows
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.