Kompas.com - 18/03/2015, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Dengan begitu pesatnya perkembangan teknologi dan penggunaan perangkat komunikasi digital, pesan singkat pun menjadi sarana komunikasi yang efektif dan paling sering digunakan, termasuk dalam hubungan percintaan. Namun, Anda harus berhati-hati, sebab pesan singkat pun bisa menjadi biang keladi yang mampu membuat hubungan asmara kandas.

Dalam sebuah survei teranyar yang dilakukan situs Match.com, terungkap beberapa hal terkait pesan singkat dalam hubungan asmara. Para pria mengatakan, tiga hal yang mereka benci saat berkirim pesan singkat dengan pasangan adalah typo atau kesalahan penulisan dan tata bahasa yang kacau, balasan singkat hanya satu kata, dan berkirim pesan singkat saat jam kerja. 

Sementara itu, para wanita benci ketika pasangan mereka terlalu sering salah ketik dan menggunakan tata bahasa yang buruk, bertanya pertanyaan yang terlalu personal, dan membalas dengan jawaban singkat.

Adapun baik pria maupun wanita mengaku sangat tidak suka ketika kekasih mereka mengetik seluruh pesan singkat dengan huruf kapital. 

"Karena pesan singkat tidak melibatkan bahasa tubuh dan nada suara, maka interpretasi seseorang tentang apa yang dimaksud lawan bicaranya bisa saja berbeda. Misalnya mengirim pesan hanya berisi "hey." Orang bisa berasumsi bahwa lawan bicara tak cerdas, tak lucu, dan tak tertarik dengan dia hanya lewat cara mereka menulis atau tidak," ujar pengamat percintaan Marni Battista. 

Menurut Battista, para pasangan sebaiknya menyadari bahwa ada beberapa jenis pesan singkat yang seharusnya ditindaklanjuti dengan perbincangan tatap muka. Sebab, kemesraan Anda dan pasangan bisa pudar hanya karena perbedaan pandangan dan interpretasi dalam menyikapi pesan singkat.

Battista juga menyarankan untuk tidak memaparkan terlalu banyak informasi dalam pesan singkat. Anda pun sebaiknya tidak berkirim pesan singkat saat tengah malam, bertengkar hebat, ataupun ketika merencanakan kencan. "Biasanya wanita senang saat pasangan mereka mengajak kencan lewat telepon atau secara langsung," imbuh Battista.

Battista memandang, pesan singkat memang merupakan cara berkomunikasi yang praktis, termasuk dengan pasangan. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu mengandalkan pesan singkat dan jangan melupakan perbincangan langsung juga tatap mata dengan pasangan. "Terlalu mengandalkan pesan singkat bisa membuat Anda kehilangan keterkaitan dengan pasangan ketimbang bertambah mesra," sebutnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.