Kompas.com - 26/03/2015, 12:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Saat menikah, segala sesuatunya memang perlu dikomunikasikan bersama, terutama komponen dalam rumah tangga yang cukup sensitif, misalnya keuangan. Banyak mekanisme yang bisa dijalankan dari para pasangan dalam hal mengatur keuangan rumah tangganya.

Ada suami yang mempercayakan seluruh pendapatan kepada sang istri, ada yang memegang secara terpisah, ada pula yang memiliki sistem tabungan bersama untuk keperluan rumah tangga, dan dibagi menjadi beberapa keperluan, dimana sifatnya pribadi atau hobi. Tiap pasangan tentunya memiliki pemikiran tersendiri saat memutuskan cara pengaturan uang rumah tangganya. 

Namun demikian, tak sedikit pula suami atau istri yang membuat tabungan tersembunyi yang mana hanya diketahui oleh dirinya, tanpa sepengetahuan pasangan. Sebenarnya, bolehkah hal ini terjadi dalam rumah tangga?

Dalam acara peluncuran buku Modern Mama yang ditulis oleh Imelda Fransisca, di Kinokuniya, Plaza Senayan (18/3/2015), Tuti selaku financial planner mengatakan sebenarnya tabungan tersembunyi wajar saja dilakukan, asal memiliki tujuan yang positif. 

Tuti memberi contoh jika istri memiliki sisa uang belanja, tak ada salahnya ditabung. Tabungan ini nantainya dapat berguna untuk keperluan ekstra yang sifatnya mendadak. Seperti misalnya saat perayaan ulang tahun anak, membeli kado untuk suami, atau perbaikkan barang rumah tangga yang rusak. Tanpa perlu meminta jatah lebih kepada suami, tabungan tersembunyi tersebut secara tidak langsung menandakan bahwa sang istri pintar berhemat. 

Beda dengan Tuti, Imelda Fransisca yang juga mantan Miss Indonesia 2015 mengatakan, lewat pengalamannya mengatur keuangan ia tak pernah membuat tabungan tersembunyi, karena dalam rumah tangganya ia menganut keterbukaan mengenai segala sesuatu, termasuk keuangan. "Suami-istri, idealnya harus saling terbuka, tahu sama tahu. Kebetulan saya dengan suami sangat terbuka. Apa yang dimiliki suami adalah milik istri juga. Begitu juga sebaliknya," ujar Imelda sambil berkelakar.

Selama tujuan akhirnya positif, tidak salah untuk memiliki tabungan tersembunyi. Bagaimana dengan Anda?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.