Kompas.com - 31/03/2015, 15:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

 

KOMPAS.com - Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua dari anak obesitas tak akan sadar bahwa anaknya menderita obesitas, kecuali jika obesitas sudah dalam kondisi ekstrim. Obesitas yang bertambah parah dalam beberapa dekade terakhir, kini mulai menyentuh anak berusia empat hingga lima tahun. Faktanya, di Inggris, 36 persen dari anak-anak berusia 10-11 tahun, dan 20 persen anak berusia 4-5 tahun telah mengalami obesitas.

Penelitian yang dilakukan oleh London Scholl of Hygiene & Tropical Midicine dan UCL Institute of Child Health ini menyimpulkan bahwa banyak orang tua yang tak menyadari anaknya tergolong obesitas, dan pada akhirnya tak dapat memberikan solusi yang tepat.

"Jika orang tua tak dapat mengatur berat badan anaknya secara tepat, mereka mungkin tak dapat memotivasi atau mengubah lingkungan yang dapat mengubah dan mengontrol kesehatan anak," ujar Dr Sanjay Kinra, penulis penelitian.

Para peneliti memberi pertanyaan kepada orang tua mengenai indeks masa tubuh anak, dan diminta untuk mengklasifikasikan obesitas, yaitu sangat obesitas, obesitas, berat badan normal, atau tidak normal. Hasilnya, 31 persen orang tua menganggap remeh indeks masa tubuh anaknya. Hanya empat orang tua yang mendeskripsikan anaknya obesitas, padahal 369 anak digolongkan obesitas. 

Hasil penelitian berikutnya juga menemukan, bahwa orang tua berdarah Afrika dan Asia Selatan.cenderung menggangap remeh berat badan anaknya. Selanjutnya, anak pria yang gemuk juga dianggap lebih biasa ketimbang anak perempuan yang gemuk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.