Kompas.com - 02/04/2015, 17:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Selama ini mungkin sebagian perempuan beranggapan bahwa cara yang tepat mengaplikasikan eyeliner adalah di dalam garis mata, atau di bagian kelopak mata dalam. Padahal, menurut penelitian terbaru, yang dipublikasikan di jurnal Eye and Contact Lens, mengenakan eyeliner di dalam garis mata, ternyata memiliki efek yang buruk. Efek buruk tersebut diantaranya, riasan menjadi lebih cepat pudar, mengaburkan pandangan, dan dapat menyebabkan penyakit mata.

Hal ini dibuktikan oleh peneliti lewat dua percobaan. Peneliti menggunakan eyeliner pensil berbubuk glitter, yang kemudian diaplikasikan pada tiga mata dari perempuan, dalam dua keadaan yang berbeda.

Satu keadaan perempuan mengenakan eyeliner di dalam garis mata, dan satu lagi di luar garis mata. Akhirnya, saat perempuan menggunakan eyeliner di dalam garis mata, hampir 30 persen dari glitter  dari eyeliner masuk ke dalam mata. Kemudian, eyeliner juga menjadi pudar setelah 10 menit aplikasi, dan sama sekali tak berbekas dua jam kemudian. Berbeda dengan eyeliner di luar mata yang bersifat lebih tahan lama, dan tak menyebabkan komponen apapun masuk ke dalam mata.

Tentunya efek buruk dari pemakaian eyeliner  pada garis mata dalam, bertambah buruk saat mengenakan lensa kontak, atau bagi orang yang memiliki mata kering dan sensitif. Belum lagi jika pengaplikasian eyeliner dilakukan sepanjang hari.

Skenario terburuk menurut penelitian ini, bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, melainkan juga infeksi mata, dan kebutaan. Jika eyeliner mengandung bakteri, penggunaan di area dalam garis mata dapat menyebabkan bahaya yang sangat besar bagi mata. Ada baiknya, jika Anda masih gemar mengenakan eyeliner di bagian dalam mata, cobalah untuk acara spesial dan waktu yang singkat saja . Kemudian sebelum diaplikasikan, cobalah mengoleskannya dengan alkohol terlebih dahulu. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.