Kompas.com - 05/04/2015, 20:26 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Ritual kencan dengan pasangan merupakan aktivitas lazim yang umumnya dilakukan pada akhir pekan atau malam minggu.

Biasanya, acara kencan diisi dengan makan malam, menonton di bioskop, atau sekadar ngopi sembari bertukar cerita.

Ketimbang pria, biasanya wanita memiliki lebih banyak ide untuk berkencan dan menghabiskan waktu bersama pasangan. Namun sebenarnya, di mana pun tempat berkencan selama ada si dia bersama Anda, segalanya akan terasa lebih indah dan manis. Anda tentu setuju dengan pernyataan ini.

Selain busana dan transportasi, salah satu faktor penting untuk kelancaran waktu berkencan adalah uang. Sebab, tidak bisa dimungkiri bahwa biaya kencan tidak selalu terjangkau dan bersahabat dengan kantung pria.

Pilihan gaya berkencan hadir dengan sejumlah ragam. Anda tinggal menentukan, ingin yang biasa-biasa saja atau yang istimewa. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada beberapa kota besar di dunia. Menurut survei yang dilakukan Deutsche Bank yang berjudul Cheap Date Index, ada beberapa kota-kota di seluruh dunia yang punya biaya tinggi hanya untuk melakukan kencan sederhana.

Kota paling mahal untuk berkencan adalah London. Menurut survei, biaya sekali kencan sederhana seperti nonton atau makan di restoran cepat saji di London, bisa menguras uang sebanyak Rp 1,4 juta.

Posisi kedua kota termahal untuk berkencan adalah Wellington, Selandia Baru. Di negara ini, sekali kencan bisa menghabiskan uang sebanyak Rp 1,3 juta.

Sementara itu,  kota yang paling murah untuk berkencan adalah Mumbai, India. Di kota ini, rutinitas pasangan dalam melakukan kencan, hanyak menghabiskan uang Rp 265.838.

Melalui survei ini, terbukti bahwa kencan sederhana yang dilakukan di kota-kota Eropa jauh lebih mahal dibanding kencan di kota-kota Asia, kecuali Tokyo.

Pada hasil survei tersebut, Jakarta, Indonesia, menempati posisi ke 26. Tercatat biaya kencan paling sederhana di Jakarta memerlukan uang sebesar lebih kurang Rp 350.000.

Berikut peringkat kota dengan kencan sederhana dari yang paling mahal sampai yang paling murah.

1. London, Inggris
2. Wellington, Selandia Baru
3. Edinburg, Inggris
4. Berlin, Jerman
5. Sydney, Australia
6. Paris, Perancis
7. Tokyo, Jepang
8. Frankfurt, Jerman
9. Melbourne, Australia
10. Auckland, Selandia Baru
11. New York, Amerika Serikat
12. Toronto, Kanada
13. San Francisco, Amerika Serikat
14. Boston, Amerika Serikat
15. Chicago, Amerika Serikat
16. Moskow, Rusia
17. Sao Paulo, Brasil
18. Singapura, Singapura
19. Shanghai, China
20. Hong Kong, Hong Kong
21. Rio, Brasil
22. Beijing, China
23. Johanesburg, Afrika Selatan
24. Cape town, Afrika Selatan
25. Kuala Lumpur, Malaysia
25. Mexico City, Mexico
26. Jakarta, Indonesia
27. Bengalore, India
28. Manila, Filipina
29. New Delhi, India
30. Mumbai, India.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.