Kompas.com - 06/04/2015, 17:44 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com — Apabila Anda menyangka bahwa aturan "lima detik" saat makanan terjatuh hanya ada di Indonesia, berarti Anda salah. Sebab, mitos tersebut juga dipercaya oleh sejumlah orang di luar negeri.

Ternyata, sejumlah orang di dunia percaya bahwa makanan yang telah jatuh sebelum lima detik berarti masih layak konsumsi. Sebaliknya, lebih dari lima detik, makanan yang telah jatuh itu sebaiknya dibuang saja. Berdasarkan ahli gizi, teori ini ternyata hanya mitos belaka.

"Tidak ada aturan lima detik. Itu hanyalah mitos. Kami tidak merekomendasikannya," ujar Rachel William, seorang ahli nutrisi dari Australia.

Selanjutnya, William menjelaskan, ada beberapa tipe makanan yang perlu dipertimbangkan apakah bisa dikonsumsi jika jatuh di lantai. "Semua tergantung dari bakteri. Bakteri sebenarnya berkembang di tempat yang lembab. Jadi, jika makanan basah yang jatuh, bisa jadi itu lebih berbahaya karena bakteri sangat mudah berkembang dalam makanan basah tersebut," urainya.

Sebaliknya, jika makanan kering yang jatuh, William mengatakan, bakteri akan lebih sulit berkembang. Biskuit, kue, atau beras adalah golongan makanan kering sehingga bakteri sulit hinggap dan berkembang. Sementara itu, daging mentah, keju, nasi, dan makanan yang sudah diolah digolongkan dalam makanan basah yang mudah menjadi sarang bakteri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.