Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspresi Wajah Dapat Berpengaruh pada Karier Anda

Kompas.com - 07/04/2015, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Time


KOMPAS.com -
Ekspresi wajah adalah hal paling pertama yang cepat ditangkap dan mudah disadari oleh orang lain. Maka tak heran, ekspresi wajah memberikan kesan yang sangat kuat saat pertama kali dilihat.

Seperti yang dikatakan oleh Dr Alan Fridlund, profesor dari University Of California, Santa Barbara, dari ekspresi wajah tersebutlah, dapat timbul persepsi kuat pada orang yang melihatnya.

"Ekspresi wajah melambangkan perasaan seseorang, mempengaruhi interaksi sosial yang terjadi," ujar Dr Fridlund. Faktanya, perkembangan karier Anda juga sangat dipengaruhi oleh ekspresi wajah saat berada di tempat kerja. Berikut adalah tiga situasi, dimana ekspresi wajah dapat mudah terlihat:

1. Menyapa seseorang yang tidak Anda sukai di kantor
Dr Fridlund mengatakan reaksi umum yang ditunjukan pada seseorang yang tidak kita sukai, biasanya terlihat lewat wajah yang ditekuk atau cemberut. "Ini membuat orang yang bicara bersama Anda, atau disekitar Anda tahu bahwa Anda tak suka dengannya. Berhati-hatilah karena tanpa disadari dapat mempengaruhi hubungan pekerjaan," ujar Dr Fridlund. Tersenyum sedikit (senyum tipis) jauh lebih baik ketimbang memperlihatkan wajah yang ditekuk tersebut.

2. Tenggat waktu pekerjaan
Ketika pekerjaan menumpuk dan tenggat waktu semakin pendek, wajah "kencang" adalah ekspresi paling normal yang ditunjukkan. Psikolog James Rusell, PhD dari University of British Columbia mengatakan, "Ekspresi wajah dapat memberitahu orang lain tentang karakter Anda keseluruhan, serta suasana hati seseorang apakah sedang positif atau negatif," ujarnya. Ada baiknya saat pekerjaan menumpuk dan deadline semakin maju, pertimbangkan untuk reaksi ekspresi wajah agar terhindar dari tanggapan negatif.

3. Saat menerima pujian
Senyum juga dapat menjadi pedang bermata dua. Khususnya saat menerima pujian. Senyum yang terlalu lama, memperlihatkan semua gigi, dan dibuat-buat, menunjukan bahwa Anda berlebihan atau sombong saat menerima pujian di tempat kerja. Cobalah untuk mengucapkan terima kasih seperlunya, mengganguk sopan, dan tersenyum natural.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com