Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Umur Panjang? Jangan Terjebak dalam Hubungan yang Salah

Kompas.com - 10/04/2015, 16:45 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –
Cinta dan rasa takut acap kali menjadi penghalang wanita dalam bertindak untuk keluar dalam hubungan yang buruk.  Tak sedikit wanita yang rela bertahan dengan alasan segan memulai hubungan baru atau tidak mau hidup sendiri.

Sebenarnya pemikiran yang demikian sangat salah dan berdampak buruk pada kondisi emosional Anda. Hal ini disahihkan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Epidemology & Community Health.  Konflik yang melibatkan pasangan, keluarga, dan sahabat bisa melebarkan peluang mati muda sebanyak 50 hingga 100 persen.

Penelitian yang berlangsung selama 10 tahun ini mempelajari 10.000 responden pria dan wanita, dengan kisaran usia 36 hingga 52 tahun.  Selama kurun waktu tersebut seluruh responden diminta melaporkan soal hubungan sosial mereka.

Sebanyak satu dari 10 responden mengatakan terus terang bahwa sumber kekhawatiran mereka adalah pasangan dan anak-anak mereka. Kemudian, total 20 responden mengaku, saudara tidak serumah juga sering kali menyebabkan stres. Selanjutnya, setelah menerangkan kondisi dan hubungan sosial mereka, para responden pun diperiksa secara medis. Lalu, peneliti juga  menyelidiki soal status mereka di kantor masing-masing.

Apa yang terjadi? Mulai dari tahun 2000 hingga 2011, sebanyak 196 responden wanita dan 226 responden pria dilaporkan wafat karena penyakit kanker, kelainan jantung, liver, kecelakaan, dan bunuh diri. Seluruh responden tersebut diindikasi memilki hubungan yang tidak baik dengan pasangan, sehingga menyebabkan mereka mudah sakit dan mengalami kematian di usia muda.

Temuan peneliti lainnya yang patut Anda perhatikan adalah responden pria dan wanita yang tidak bekerja alias menganggur, juga lebih mudah terserang depresi karena kurang menghargai diri sendiri.

Akhirnya, para peneliti menyimpulkan bahwa kondisi emosional dan mental seseorang dipengaruhi dari kepribadian dasar mereka dan bagaimana mereka menanggapi hubungan yang sulit dalam kehidupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com