Kompas.com - 02/05/2015, 15:12 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
Acara baby shower merupakan acara untuk menyambut kelahiran seorang bayi yang diadaptasi dari budaya barat. Berbeda dengan acara syukuran untuk menyambut kelahiran bayi seperti "tujuh bulanan", acara baby shower tak memasukan tradisi adat sebagai bagian dari acara. Menyelenggarakan baby shower pun terbilang mudah. Hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah lima langkah mudah saat mempersiapkan acara baby shower:

1. Tetapkan tanggal acara
Sama seperti pesta lainnya, acara baby shower memerlukan hari atau tanggal penyelenggaraan yang cocok. Cobalah memilih waktu yang luang seperti akhir pekan agar sahabat dan kerabat dapat memyempatkan diri untuk hadir. Acara baby shower juga terbilang fleksibel. Tak harus sebelum bayi lahir. Setelah bayi lahir acara ini tetap dapat diselenggarakan. Namun kebanyakan orang memang memilih waktu di bulan-bulan akhir kehamilan, mulai dari bulan ke tujuh hingga sembilan.

2. Cari tempat acara
Untuk menetapkan tempat acara baby shower, tip terbaik adalah hindari penyelenggaraan acara di rumah sang calon ibu yang sedang mengandung. Pasalnya persiapan dan pasca acara, dapat membuat tuan rumah yang sedang mengandung menjadi tertekan karena keadaan rumah yang berantakan. Pesanlah ruangan kecil di hotel, atau restoran dengan taman yang indah dimana dekat lokasi tempat tinggal sang ibu hamil.

3. Sebar undangan
Acara Baby shower sebenarnya lebih berfokus kepada kerabat dan sahabat wanita dari si calon ibu. Namun demikian, nampaknya sekarang ini mulai banyak yang mengundang para lelaki dan anak-anak ke acara baby shower. Putuskanlah dengan bijak, karena tentunya ini akan mempengaruhi budget serta tempat acara.

4. Makanan dan dekorasi
Agar lebih mudah, pilihlah tema khusus untuk makanan dan dekorasi saat menggelar acara baby shower. Biasanya tema tersebut tak jauh dari ornamen atau kesukaan anak bayi. Warna dekorasi dan makananpun bisa diatur sesuai dengan jender bayi yang segera dilahirkan.

5.Permainan dan bingkisan terima kasih
Sebuah pesta haruslah menyenangkan, maka dari itu jangan lupakan permainan seru dan bingkisan terima kasih bagi teman dan sahabat terdekat. Tak perlu terlalu memaksa, sesuaikanlah dengan budget Anda. Karena Anda masih perlu menyimpan budget untuk kelahiran sang bayi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BOLDSKY


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.