Kompas.com - 06/05/2015, 16:41 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Editor Syafrina Syaaf
KOMPAS.com  Salah satu tren mode di kalangan pria saat ini adalah menumbuhkan janggut. Tren ini berawal dari kalangan selebriti pria yang mulai tampil dengan janggut rimbun di area dagu hingga rahang. Sebut saja David Beckham, Ryan Renolds, hingga si Iron Man, Robert Downey Jr.

Melihat para idola ramai-ramai menumbuhkan janggut, tak ayal membuat sebagian besar pria modern yang mawas gaya turut mengikuti. Sebab, kehadiran janggut tak bisa dimungkiri bisa menambah kesan maskulin dan tangguh pada penampilan.

Namun, menurut studi yang dihelat oleh John Golobic, seorang pakar di laboratorium Quest Diagnostic, membeberkan sebuah fakta yang cukup menggelikan. Golobic menyatakan bahwa janggut pria lebih berkuman ketimbang toilet di rumah atau toilet umum.          

Hal ini dia buktikan dengan mengumpulkan beberapa lelaki berjanggut untuk meneliti jumlah kuman dan bakteri yang terdapat pada rambut lebat yang tumbuh di dagu mereka. Hasilnya, Golobic menguraikan, jumlah janggut dan kuman yang melekat pada janggut sama seperti orang yang tidak pernah cuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah sepanjang waktu.

Menurut Golobic, pria seharusnya mencukur janggut mereka sama seperti mereka biasa mencuci tangan. Dengan begitu, janggut tidak akan mengganggu dan tidak menebarkan kuman pada orang di sekelilingnya.

Penelitian Golobic nyatanya tidak terlalu memberatkan sejumlah pria berjanggut yang menjadi partisipan. Sebab, mereka tetap akan terus menjaga kelebatan janggut agar kesan jantan dan maskulin kental terlihat pada keseharian mereka.

Oleh karena itu, Golobic menyarankan pada pria berjanggut untuk tidak terlalu sering menyentuh janggut. Cara tersebut, kata Golobic, bisa meringankan atau meredam potensi terpapar bakteri atau kuman yang membahayakan. (Grego Andhika)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Redbook
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.