Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2015, 19:32 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Penting bagi seorang wanita untuk dapat melindungi dirinya sendiri dari tindak kejahatan. Apalagi bagi para wanita karier yang memiliki risiko tinggi saat berada di luar rumah. 

Dalam acara peluncuran promo bulan Mei dan pemberian donasi amal oleh GrabTaxi di Hotel Atlet Century, Jakarta (7/5/2015), hadir seorang seniman sekaligus pelatih seni bela diri Yuri Amadin, yang berbagi mengenai tip pertahanan diri bagi kaum wanita. 

Yuri yang saat ini juga memegang sabuk cokelat dari olahraga martial art asal Brasiljiu jitsu, mengungkapkan ada beberapa hal penting yang baiknya diperhatikan wanita agar dapat mengurangi resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang menurut Yuri merupakan hal terpenting adalah meningkatkan rasa mawas diri. "Kebanyakan dari kita, kaum wanita modern yang tinggal di perkotaan lebih fokus pada smartphone yang dipegangnya serta asyik dengan media sosial. Keadaan seperti ini potensi menimbulkan risiko dan tindak kejahatan yang lebih besar," ujar Yuri.
Ia menyarankan agar saat kita berada di tempat umum, khususnya di dalam transportasi kendaraan umum, jangan pernah lengah sedikitpun, apalagi sibuk dengan gadget-nya sendiri.


Hal kedua yang penting untuk diperhatikan jika sampai terjadi penyerangan, adalah mengenali target penyerangan. Perhatikan betul bagian tubuh dari pelaku yang dapat diserang balik.

Saran Yuri, konsentrasilah untuk menyerang bagian tubuh yang paling vital, seperti mata, tenggorokan, dan juga bagian belakang lutut. Namun demikian, Yuri mengingatkan bahwa teknik bela diri tidak dapat dipelajari secara instan. "Semua tergantung dari delivery system. Menentukan target atau objek penyerangan, serta teknik bela diri lainnya harus dipelajari dengan latihan rutin," ujar Yuri.

Ia sendiri merekomendasikan bagi para wanita untuk meluangkan waktu guna mengikuti kelas latihan bela diri.  Minimal waktu yang dibutuhkan adalah delapan jam saat latihan awal, yang kemudian dibagi menjadi dua hari agar tidak terlalu terforsir. Hal ini berguna untuk meningkatkan rasa mawas diri wanita dari tindak kejahatan yang belakangan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com