Kompas.com - 11/05/2015, 20:17 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com — Menikah ternyata dapat mengontrol bobot tubuh seseorang. Lewat penelitian yang dilakukan terhadap 150 orang dengan rata-rata usia 47 tahun di Yunani oleh University Hospital AHEPA of Thessaloniki, peneliti menemukan bahwa lajang pada usia pertengahan justru berpotensi besar memiliki bobot tubuh yang berlebih alias obesitas.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang telah menikah biasanya memiliki masa indeks tubuh di antara 30-35. Meskipun indeks masa bobot tubuh tersebut di atas normal dan berpotensi obesitas, indeks masa tubuh orang lajang pada usia pertengahan justru menunjukkan angka yang lebih besar, yakni lebih dari 35.

Menurut para peneliti, hal tersebut terjadi lantaran orang yang lajang pada usia pertengahan memiliki risiko depresi yang tinggi hingga akhirnya meningkatkan risiko obesitas. Kemudian, siklus tersebut berulang. Ketika kelebihan bobot tubuh, kepercayaan diri menjadi berkurang, dan mengurangi kesempatan untuk menemukan belahan jiwa.

Saat mempresentasikan penelitian di European Congress on Obesity di Praha, penulis mengungkapkan, "Status pernikahan tampaknya memberikan dampak perkembangan pada obesitas baik pada pria maupun wanita. Kualitas hidup, pandangan hidup menjadi memburuk, hingga meningkatkan bobot tubuh. Kemudian memengaruhi kemampuan untuk menemukan pasangan. Orang yang obesitas lebih berpotensi tak menikah," ujar peneliti. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa karakteristik dari tiap orang dan demografis sosial, seperti tingkat pendidikan serta bobot tubuh, pada akhirnya memang memainkan peran penting dalam pemilihan pasangan hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.