Kompas.com - 20/05/2015, 10:14 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
|
EditorLatief

 

KOMPAS.com – Angkutan umum belum menjadi moda favorit kaum urban di Indonesia. Meski banyak angkutan umum tersedia di badan jalan ibukota, masih banyak masyarakat yang lebih memilih memakai transportasi pribadi.

Keadaan itu berbanding terbalik dengan negara-negara maju. Kaum urban dengan mobilitas tinggi di sana sudah mengandalkan transportasi publik.

Efisiensi waktu biasanya menjadi sandungan masalah nomor satu. Kondisi macet Jakarta membuat mereka berpikir dua kali untuk memilih jasa transportasi umum. Pertimbangan lainnya adalah soal aman, nyaman dan sesuai kebutuhan.

Untuk itu, mencari transportasi umum andalan menjadi hal yang susah-susah gampang di ibukota. Belakangan, pilihan mereka jatuh pada tiga transportasi publik berikut ini:

Kereta Commuter Line

Moda transportasi satu ini menjadi andalan banyak orang. Selain dianggap paling cepat dan terjangkau, kenyamanan dengan fasilitas pendingin ruangan menjadi kelebihannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna berasal dari seluruh lapisan masyarakat dan ragam usia. Pada jam-jam tertentu, penumpang adalah pekerja kantoran. Jadi jangan kaget kalau berencana menggunakan moda transortasi yang satu ini di jam-jam orang berangkat kerja. Anda harus siap berdesak-desakan.

Taksi

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan telah menyediakan kuota sejumlah 24.000 taksi pada 2014. Maka tak heran, taksi menjadi moda yang mudah ditemui saat berada di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi kelebihan transportasi ini adalah fasilitas eksklusif untuk pengguna. Meski termasuk trasportasi umum, pengguna taksi dapat fasilitas selayaknya menggunakan transportasi pribadi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.