Kompas.com - 22/05/2015, 09:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Bagi Anda yang gemar berbelanja, adakah hal-hal tertentu yang dapat menghambat kegemaran Anda tersebut? Apakah kondisi ekonomi maupun inflasi yang membuat harga-harga naik dapat menghambat ritual belanja Anda?

Ternyata, konsumen di Indonesia masih merupakan yang kedua teroptimis di tingkat global, dengan skor indeks 123 di kuartal I 2015. Di Asia Tenggara, Indonesia berada di tempat teratas negara paling optimis, diikuti oleh Filipina. Hal ini berdasarkan laporan The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions.

"Pandangan konsumen mengenai belanja juga masih positif, dengan angka 56 persen konsumen mengindikasikan bahwa dalam waktu 12 bulan ke depan merupakan waktu yang baik atau sangat baik untuk berbelanja barang yang mereka inginkan atau butuhkan," tulis Nielsen dalam laporan yang diterima Kompas Female, Rabu (20/5/2015).

Secara global, konsumen Indonesia merupakan yang paling optimis mengenai keadaan keuangan personal mereka. Setidaknya lebih dari 8 dari 10 atau 84 persen konsumen online Indonesia percaya, bahwa keadaan keuangan pribadi mereka akan baik atau sangat baik dalam waktu 12 bulan ke depan.

Pola yang serupa juga terlihat pada tingkat optimisme mengenai prospek lapangan pekerjaan. Pada kuartal I di tahun 2015, secara global konsumen Indonesia merupakan yang kedua paling optimis mengenai prospek lapangan pekerjaan setelah India, dimana kebanyakan 7 dari 10 atau sebanyak 74 persen konsumen online Indonesia percaya bahwa pasar lapangan kerja akan baik atau sangat baik dalam 12 bulan ke depan. Angka ini sedikit meningkat dari kuartal sebelumnya sebesar 73 persen.

The Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending Intentions yang pertama kali diselenggarakan tahun 2005, mengukur keyakinan konsumen, kekhawatiran utama dan keinginan berbelanja pada lebih dari 30,000 responden dengan akses Internet di 60 negara.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.