Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Kehidupan aktris Dian Nitami saat ini diisi dengan beragam aktivitas di luar ruangan. Selain menjalani rutinitas sebagai ibu dari anak-anak laki-laki yang gemar melakukan olahraga di luar ruangan, Dian pun kini menyibukkan dirinya dengan melakukan aktivitas yang mampu meningkatkan kebugarannya, yakni yoga.

Seringnya melakukan aktivitas di luar ruangan membuat Dian mau tidak mau terpapar sinar matahari di siang hari. Lalu, bagaimana cara Dian melindungi kulitnya dari sengatan sinar matahari? Simak cerita Dian berikut ini.

Soccer Mom

Dian mengaku bahwa dirinya sering menghabiskan waktu di lapangan sepakbola. Bukan, untuk menggeluti olahraga tersebut, namun mendampingi sang putra yang tergabung dalam sekolah sepakbola untuk anak-anak. Mau tidak mau, sebagai ibu, istri dari aktor Anjasmara ini mendukung bakat dan minat sang buah hati.

"Latihannya seminggu tiga kali, paling sering mulai pukul 9.30 dan selesai jam 12.00 siang. Awalnya saya masih full gear, pakai topi, busana lengan panjang, dan payung. Seiring saya rajin antar dia, akhirnya saya enggak kuat. Payung saya lepas, topi yang menghalangi pemandangan pun tidak saya kenakan lagi, dan saya akhirnya pakai kaos bola serta celana pendek. Hasilnya, tiga perempat badan saya terbakar sinar matahari," ujar Dian saat menghadiri acara peluncuran Dewi Sri Spa Surya Majapahit, Kamis (21/5/2015).

Tidak hanya Dian, sang putra yang bermain sepakbola pun ikut terbakar sinar matahari lantaran bermain sepakbola pada jam-jam dimana sinar matahari paling kuat bersinar. Akan tetapi, sang buah hati seringkali sulit untuk diajak mengaplikasikan tabir surya karena alasan ketidaknyamanan.

"Aduh, kalau pasang sunblock sama dia itu kayak perang, kadang dia enggak mau. Katanya lengket dan jadinya licin. Intinya, tidak nyaman untuk dia sebagai anak-anak. Padahal terbakarnya sudah sampai membentuk batas baju dan celana pendek," ungkap Dian.

Menekuni Yoga dan Munculnya Flek di Wajah

Dian pun mengakui, dirinya dan sang suami kini menggeluti aktivitas kebugaran yang sama. Ya, sejak dua tahun belakangan ini, Dian dan Anjas melakukan aktivitas yoga bersama-sama. Akan tetapi, kata Dian, mereka berada pada tingkat kemahiran yang berbeda.

"Kami menemukan aktivitas yang sama-sama kami senangi, yaitu yoga. Kalau Anjas lebih advanced, saya masih di tingkat pemula saja," aku Dian sambil tertawa.

Ada salah satu kebiasaan yang rajin dilakukan oleh Dian dan Anjas, yaitu melakukan yoga di pagi hari atau sering disebut dengan sun salutation. Dian menjelaskan, makna aktivitas yoga tersebut merupakan aktivitas di bawah sinar matahari yang pertama kali muncul di pagi hari.

"Tapi saya sering kebablasan. Tiba-tiba tidak terasa kulit sudah terasa perih. Akhirnya saya harus pintar cari tahu solusinya. Di wajah saya juga sering muncul bintik-bintik cokelat yang kalau semakin sering terpapar matahari, akan terlihat semakin gelap warnanya. Tidak hanya di wajah, tapi juga di bagian bahu," jelas Dian.

Pentingnya Tabir Surya 

Menyadari beragam aktivitas di luar ruangan yang dilakukannya, maka Dian menyadari betul pentingnya pengaplikasian tabir surya pada tubuhnya. Akan tetapi, selama ini Dian mengaku seringkali menemukan produk tabir surya yang membuatnya tidak nyaman dan mengganggu aktivitasnya.

Selain itu, Dian pun mengaku selama ini dirinya kerap salah kaprah tentang pengaplikasian tabir surya. Yang selama ini dilakukannya adalah mengaplikasikan tabir surya di pagi hari untuk aktivitas yang dilakukan hingga sore hari. Padahal, sebaiknya pengaplikasian tabir surya diulangi setiap beberapa jam. 

"Saya suka yang tidak lengket di kulit dan tidak menjadi licin. Kalau sedang latihan yoga, ada beberapa gerakan yang butuh tumpuan tangan atau kaki, kalau licin sering terpeleset, makanya saya dulu sering tidak pakai sunblock," sebut Dian. 

Kebiasaan yang dilakukan Dian merupakan kebiasaan yang sering pula dilakukan oleh sebagian wanita lainnya. Oleh sebab itu, tabir surya penting untuk diaplikasikan sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Tujuannya agar kulit tidak tersengat sinar matahari yang dapat menimbulkan efek terbakar, iritasi hingga terkelupas.

"Untuk memperoleh perlindungan optimal, gunakan 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas. Gunakan ke semua area tubuh yang akan terkena sinar matahari. Disarankan untuk menggunakan produk dengan SPF di atas 30 kalau setiap saat melakukan aktivitas di bawah sinar matahari. Kalau berenang atau banyak berkeringat, aplikasikan ulang setiap dua jam sekali, terlepas dari berapapun besar SPF-nya," tutur Melly SSi MBiomed sebagai Research and Development Martha Tilaar Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com