Kompas.com - 25/05/2015, 15:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana
KOMPAS.com - Siapa bilang menjadi seorang ibu atau wanita karier malah menghambat Anda untuk mendapatkan pendapatan lebih? Di zaman sekarang, sama sekali tak ada salahnya bagi seorang wanita untuk menambah penghasilannya dengan melebarkan sayap lewat hobi ataupun kegemarannya terhadap satu bidang. Meski sibuk, jika dijalani dengan sepenuh hati, Anda dapat menjadi seorang wirausaha paruh waktu yang mendatangkan keuntungan dan menambah pemasukan bulanan. 

Windy Riswantyo, seorang entrepreneur yang juga berprofesi sebagai wanita karier, dalam talkshow  "Mompreneur by Astra Live" yang diadakan oleh blibli.com di Grand Indonesia (23/5/2015), berbagi tip agar dapat sukses dalam karier maupun kegiatan wirausaha seperti dirinya. Windy yang merupakan founder dari bisnis penjualan scarf dengan merek Chronicles Indonesia, mengungkapkan bahwa penting bagi wanita untuk dapat mengatur waktu, menentukan fokus, serta membuat ekspetasi saat memulai bisnis. Mengatur waktu dan fokus tentu adalah dua hal penting yang biasa dilakukan seseorang saat memulai bisnis. Namun menurut Windy, membuat sebuah ekspektasi juga sama pentingnya agar siap menghadapi kemungkinan terburuk saat bisnis yang dijalani sedang tidak dalam keadaan prima atau tertinggal jauh dari pesaing. 

Setelah dapat mengatur waktu, fokus, dan juga ekspetasi, Windy menyarankan untuk memilih bisnis yang sesuai passion dan dapat membuat Anda bahagia. Hal ini penting lantaran jika tak suka dengan bisnis yang dijalani, maka bisnis tersebut tak akan berjalan langgeng. Hal selanjutnya menurut Windy adalah membuat sebuah sistem serta berlatih untuk bersikap profesional meski hanya merupakan bisnis sampingan. Terakhir, jangan ragu untuk berivestasi serta bekerja sama dengan pihak lainnya yang dapat menghemat waktu serta tenaga Anda. Contohnya, rekrutlah seorang admin untuk membantu bisnis Anda atau bekerjasamalah dengan jasa pengiriman barang saat Anda berbisnis lewat dunia maya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.