Kompas.com - 26/05/2015, 14:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Modal kecil dan waktu yang sedikit tak menghalangi wanita untuk dapat berbisnis menambah penghasilan. Media sosial seperti Instagram, saat ini dapat menjadi salah satu pilihan yang membantu lancarnya jalan bisnis sampingan Anda. Pasalnya, media yang mengedepankan sisi visual ini sekarang menjadi yang paling efektif serta efisien untuk menjajakan sebuah produk. Namun, tak dapat dipungkiri, dengan menjamurnya online store di media sosial, kompetisi usaha kian meningkat pula. Selain harga tentunya ada beberapa strategi lain yang perlu dilakukan agar sebuah online store dapat terus diminati dan ramai konsumen. 

Windy Riswatyo, seorang wanita karier sekaligus founder dari bisnis scarf yang dipasarkan lewat Instagram, Choronicles Indonesia, dalam talkshow "Momspreneur by Astra Life" yang diselenggarakan oleh blibli.com di Grand Indonesia (23/5/2015), mengungkapkan adanya beberapa hal penting yang patut diperhatikan untuk memulai sebuah usaha online. Berikut uraiannya:

1. "Cara paling mudah pertama kali, adalah memastikan kalau visualnya bagus dengan estetika yang menarik," ujar Windy. Penataan, pencahayaan, sudut, komposisi warna, termasuk logo menjadi hal penting saat menjajakan produk di media sosial seperti Instagram. Windy juga menambahkan, bahwa sangat penting foto yang diunggah tidak jauh berbeda seperti produk aslinya. 

2. Yang tak kalah penting menurut Windy adalah bahasa yang digunakan. "Bahasa yang baik penting agar brand yang dipasarkan terlihat profesional," ujarnya. Lebih lanjutnya, sarana promosi dengan spamming atau berkomentar promosi pada akun yang memiliki banyak followers, sebenarnya malah menurunkan pamor brand.

Windy menyarankan, ada baiknya promosi dilakukan dengan cara endorsement ketimbang spamming. "Tip berikutnya adalah originalitas. Jangan pernah meniru apa yang dilakukan oleh para kompetitor, karena konsumen saat ini sangat pintar, hingga akhirnya terjadi perbandingan dan yang menonjolkan sisi originalitas-lah yang diminati" ujar Windy.

3. Sarana promosi yang menurut Windy sangat efektif adalah dengan menggunakan hashtag atau tanda tagar yang spesifik. "Semakin spesifik hashtag makan akan membuat foto produk kita terus berada di atas dan memudahkan siapapun untuk mencarinya," ujar Windy yang produk scarf-nya banyak dikenakan oleh selebriti papan atas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.