Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibat Anak Terlalu Berinteraksi dengan Layar "Gadget"

Kompas.com - 13/06/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com - Ada baiknya mulai sekarang Anda bisa menjauhkan anak dari layar handphone atau komputer sebelum berangkat ke sekolah. Pasalnya menurut psikologis clinical, Linda Blair, hal tersebut dapat menyebabkan anak kelelahan dan tak fokus saat berada di sekolah. Blair bahkan berkata kalau dirinya sempat tidak terima saat banyak sekolah dan tempat pendidikan yang memberi anak pekerjaan rumah melalui sistem internet.

Menurut Blair, menatap layar komputer dan handphone sebenarnya memberikan imbas yang buruk pada anak. Layar gadget menurunkan level melantonin, zat alami yang diproduksi tubuh untuk beristirahat atau tidur. Tak hanya itu, layar gadget juga disinyalir dapat meningkatkan tingkat hormon cortisol yang memicu timbulnya stres dan berimbas hingga sulit mengumpulkan konsentrasi bagi anak. Lewat pengalamannya sebagai ahli, himbauan Blair untuk menjauhi anak-anak dari gadget tak begitu dihiraukan sejauh ini. "Namun ketika berniat mencoba, mereka sebenarnya dapat berubah. Saya mendorong orang-orang untuk coba menjauhkan anak-anak dari gadget selama beberapa hari," tukasnya.

Blair menganjurkan pada orangtua, jika ingin anaknya menjauhi gadget ada baiknya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Balir juga menegaskan,"Keluarga harus disiplin dengan penggunaan gadget, dengan sosok orangtua sebagai panutan. Cobalah membuat satu waktu dalam sehari dimana keluarga fokus berinteraksi satu sama lain, seperti saat makan malam misalnya." Untuk waktu penggunaan gadget, Blair menyarankan untuk membuat jadwal pasti untuk anak-anak seperti tidak lagi menggunakan gadget saat waktu menunjukkan satu setengah jam sebelum tidur, ataupun sebelumberangkat ke sekolah pada pagi hari. Diakui Blair, hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan namun tak ada salahnya untuk coba diterapkan.

Bukan hanya Blair, tahun 2010 lalu penelitian dari University of Bristol juga berusaha mendorong setiap orangtua untuk membatasi penggunaan gadget pada anak-anak selama dua jam sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com