Kompas.com - 22/06/2015, 04:07 WIB
Kalau Anda jomblo kemudian ditanya orang, KOMPAS.COMKalau Anda jomblo kemudian ditanya orang, "kapan kawin?", Anda termasuk yang mana?
|
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
– Berkumpul, baik itu bersama keluarga besar ataupun bersama kawan-kawan saat acara reuni, menjadi ajang bertukar cerita dan pengalaman. Pastinya, banyak pertanyaan dilontarkan, apalagi bila berkumpul bersama dengan orang-orang yang jarang ditemui. Satu di antaranya adalah pertanyaan "Kapan kawin?"

Pertanyaan tersebut tampak begitu sederhana. Namun, bagi banyak lajang dan bujang yang telah cukup umur, pertanyaan tersebut terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan. Dapat dipastikan, para lajang dan bujang tak dapat menghindarinya.

Saat mendengar pertanyaan "Kapan kawin?", tak sedikit para lajang dan bujang merasa kesal dan gusar. Bahkan, beberapa di antaranya ingin melarikan diri. Tak jarang pula para lajang dan bujang menunduk lesu dan stres akibat pertanyaan tersebut.

Berbagai reaksi timbul dari orang-orang yang mendengar pertanyaan "Kapan kawin?". Belum dapat jodoh adalah reaksi yang sering muncul. Ada pula orang yang balik bertanya kepada si penanya.

Menyoal perihal tersebut, tim Video Kompas.com mencoba merangkum berbagai reaksi yang timbul. Ada 19 reaksi yang biasanya dikeluarkan orang-orang dalam menanggapi pertanyaan "Kapan kawin?".

Berikut ini adalah video yang disuguhkan tim Video Kompas.com teruntuk para lajang dan bujang:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.