Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2015, 04:07 WIB
Arief Kurniawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
– Berkumpul, baik itu bersama keluarga besar ataupun bersama kawan-kawan saat acara reuni, menjadi ajang bertukar cerita dan pengalaman. Pastinya, banyak pertanyaan dilontarkan, apalagi bila berkumpul bersama dengan orang-orang yang jarang ditemui. Satu di antaranya adalah pertanyaan "Kapan kawin?"

Pertanyaan tersebut tampak begitu sederhana. Namun, bagi banyak lajang dan bujang yang telah cukup umur, pertanyaan tersebut terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan. Dapat dipastikan, para lajang dan bujang tak dapat menghindarinya.

Saat mendengar pertanyaan "Kapan kawin?", tak sedikit para lajang dan bujang merasa kesal dan gusar. Bahkan, beberapa di antaranya ingin melarikan diri. Tak jarang pula para lajang dan bujang menunduk lesu dan stres akibat pertanyaan tersebut.

Berbagai reaksi timbul dari orang-orang yang mendengar pertanyaan "Kapan kawin?". Belum dapat jodoh adalah reaksi yang sering muncul. Ada pula orang yang balik bertanya kepada si penanya.

Menyoal perihal tersebut, tim Video Kompas.com mencoba merangkum berbagai reaksi yang timbul. Ada 19 reaksi yang biasanya dikeluarkan orang-orang dalam menanggapi pertanyaan "Kapan kawin?".

Berikut ini adalah video yang disuguhkan tim Video Kompas.com teruntuk para lajang dan bujang:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com