Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2015, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Caitlyn Jenner yang dikenal sebagai Bruce Jenner mengumumkan transisi dirinya sebagai seorang wanita. Transisi tersebut cukup menggemparkan banyak pihak, karena selain keberaniannya untuk berubah, Caitlyn juga merombak beberapa bagian wajahnya guna memunculkan kecantikan seutuhnya sebagai wanita. Di balik proses ini, ada seseorang yang berjasa besar dalam perubahan Jenner, yakni dokter spesialis feminisasi wajah (facial feminization specialist), dr Harrison Lee.

Dr Lee mengaku, dirinya sudah bekerjasama dengan ribuan pasien sejak praktik sebagai dokter spesialis feminisasi wajah wanita. Dalam 16 tahun terakhir, ia mengaku sudah menjalani ratusan operasi feminisasi wajah wanita terhadap pasien di seluruh dunia. Lalu, bagaimana dr Lee dapat mengetahui tipe wajah seperti apa yang akan diciptakan?

"Sebagai dokter bedah plastik, saya fokus untuk memahami konsep pasien tentang kecantikan. Kecantikan bersifat subjektif. Setiap orang unik dan memiliki konsep yang unik tentang kecantikan. Seringkali pasien saya mengatakan mereka terperangkap pada wajah yang tak mereka kenali saat bercermin. Tugas saya adalah menciptakan refleksi yang dapat mereka identifikasi," jelas dr Lee.

Sebelum mengoperasi Jenner, Dr Lee mengaku sudah memahami betul bahwa pasiennya ini adalah sosok yang dikenal publik. Ia pun memikirkan tanggapan publik dunia akan hasil kerjanya kelak. "Apabila operasi Caitlyn berhasil, maka mereka akan mendorong kandidat transjender lainnya bahwa mereka bisa menjalani kehidupan yang mereka pilih," ungkap dr Lee.

Menurut dr Lee juga, meskipun dirinya sudah bekerjasama dengan banyak selebriti, ia memahami betul dampak operasi yang dilakukannya terhadap mantan juara Olimpiade 1976 cabang olahraga dekatlon itu. Ia pun menyadari bahwa operasi terhadap Jenner akan memengaruhi lanskap sosial dan menjadi tantangan tersendiri baginya. Ia pun menyadari beban yang harus ditanggungnya itu.

Dr Lee yang merupakan salah satu dokter bedah plastik terbaik di Amerika Serikat itu mengaku sangat bahagia saat operasinya terhadap Jenner berjalan dengan baik. "Saya sangat bahagia sampai akhirnya Caitlyn memandangi dirinya di cermin dan tersenyum. Saya sangat puas. Saya bahagia ketika pasien saya bahagia," tutur Dr Lee.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com