Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
 Selebriti Kim Kardashian (34) beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa dirinya tengah mengandung buah hati keduanya bersama sang suami, rapper Kanye West. Agar tetap bugar selama periode kehamilan, Kim merekrut ahli nutrisi dan bekerjasama dengan pelatih kebugaran selebriti Harley Pasternak agar tetap tampil sempurna dan sehat. 

Menurut Pasternak, Kim sangat aktif saat mengandung North West, anak pertamanya. Sehingga, ia yakin Kim akan melakukan hal yang sama pada kehamilan kedua kali ini. Dengan pengalaman mengalami mual dan keluhan lainnya saat kehamilan pertama, Pasternak yakin Kim dapat dengan mudah beradaptasi dengan kehamilan keduanya. 

Pasternak telah bekerjasama dengan berbagai selebriti, mulai dari Katy Perry hingga Lady Gaga. Untuk Kim, Pasternak pun merancang program kebugaran khusus guna menunjang vitalitas dan kebugaran selama menjalani masa kehamilan. Menurutnya, penting bagi Kim untuk tidak kekurangan cairan dan berolahraga di dalam ruangan yang sejuk. 

"Sangat penting untuk memastikan detak jantungnya tidak di atas 140 detak per menit. Sehingga, saya melarang untuk melakukan pendakian di Runyon Canyon atau berolahraga di halaman rumah di Calabasas (kawasan tempat tinggal Kim di California, Amerika Serikat)," ujar Pasternak. 

Menurut Pasternak, terkait dengan olahraga, para wanita yang tengah mengandung pun harus tetap memperhatikan jenis latihannya namun jangan takut untuk tetap aktif selama menjalani masa kehamilan. "Satu-satunya waktu dimana wanita harus berhenti berolahraga selama masa kehamilan adalah jika dokter meminta mereka untuk berhenti. Saya rasa Megan Fox pun berolahraga sehari sebelum melahirkan," imbuh Pasternak.

Pasternak menyarankan agar ketika memasuki trimestee kedua, wanita yang mengandung harus menghindari segala jenis latihan yang memerlukan gerakan terlentang. Selain itu, Pasternak pun ternyata meminta Kim untuk banyak berjalan kaki. "Saya meyakinkan Kim untuk berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah sehari," tuturnya. 

Namun demikian, Pasternak mengingatkan agar seluruh latihan untuk melatih otot perut harus dibatasi saat kandungan mulai membesar. Namun begitu, latihan ketahanan tubuh tetap penting, sehingga latihan lebih difokuskan pada latihan toning atau pembentukan seperti lungs and harmstring curls. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com