Kompas.com - 01/07/2015, 19:09 WIB
Ilustrassi SHUTTERSTOCKIlustrassi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Dalam menjalin hubungan atau mengarungi pernikahan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang pasangan Anda. Namun, ternyata banyak orang yang tidak tahu banyak informasi penting tentang pasangannya. Di Amerika Serikat, sebuah survei menyatakan bahwa hampir separuh warga tak tahu berapa jumlah gaji pasangannya dalam setahun.

Survei yang baru dihelat tersebut menyebutkan, sebanyak 43 persen warga Amerika Serikat tidak tahu persis berapa jumlah pendapatan pasangannya dalam setahun. Survei tersebut dilakukan oleh Fidelity Investment yang menyurvei lebih dari 2.000 orang dengan status sudah menikah atau tengah menjalani hubungan jangka panjang.

Para responden diajukan pertanyaan tentang bagaimana mereka memikirkan dan membincangkan masa depan keuangan mereka. Hampir tiga perempat responden berpikir bahwa mereka berkomunikasi dengan baik tentang uang dengan pasangan mereka. Akan tetapi, 43 persen responden tidak bisa menyebutkan secara pasti berapa gaji pasangan mereka. Sebanyak 10 persen responden menduga gaji pasangan mereka mencapai 25.000 dollar AS atau setara sekitar Rp 333 juta per tahun.

Berdasarkan laporan CNN Money, ketidaktahuan ini semakin parah dari tahun ke tahun. Kemungkinan, hal ini dikarenakan semakin banyak warga Amerika Serikat yang memilih untuk berwirausaha atau bekerja secara paruh waktu. Akhirnya, menjadi sulit untuk secara akurat melaporkan berapa total penghasilan atau gaji dalam rekap setahun.

Selain itu, bukan hanya gaji yang menjadi masalah. Menurut survei tersebut, sebanyak 36 persen pasangan tidak setuju adanya pembagian aset. Selain itu, separuh dari jumlah responden tidak setuju tentang jumlah uang yang mereka butuhkan saat memasuki masa pensiun. Di samping itu, sepertiga dari jumlah pasangan juga tidak setuju kalau harus menjalani gaya hidup saat ini ketika mereka pensiun nanti.

Dalam sebuah video, pihak Fidelity Investment menyarankan Anda dan pasangan untuk duduk dan berbicara tentang berapa gaji masing-masing, seberapa besar jumlah yang akan ditabung, dan bagaimana kehidupan Anda dan pasangan saat memasuki masa pensiun kelak. Pembicaraan semacam ini memang tidak selalu menyenangkan, namun penting untuk dibicarakan dan direncanakan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.