Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Penampilan Fisik Tak Jamin Kualitas Hubungan Asmara

Kompas.com - 02/07/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebagian orang yang memandang bahwa pasangan yang memiliki keunggulan dalam penampilan fisik berarti unggul dalam membangun hubungan asmara yang langgeng dan romantis. Namun, ternyata tidak demikian adanya. Studi mengungkapkan bahwa penampilan fisik tidak menjamin kualitas hubungan asmara.

Sebuah studi menyelidiki pengetahuan di balik hubungan yang dekat, dipimpin oleh psikolog Lucy Hunt dan dipublikasikan pada jurnal Psychological Science edisi bulan Juni 2015. Tim peneliti yang dipimpin Hunt tersebut mengadakan survei terhadap 167 pasangan yang menikah atau berpacaran.

Para peneliti menanyakan setiap pasangan untuk memberikan rata-rata terhadap tingkat kepuasan yang saat ini mereka rasakan dalam hubungan yang tengah dijalani. Mereka juga mengukur ketertarikan setiap pasangan dengan meminta sekelompok mahasiswa menilai penampilan fisik para pasangan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kecantikan fisik tidak berkaitan dengan kepuasan dalam hubungan asmara. Pasangan yang tidak menilai tinggi penampilan fisik justru merasa bahagia dalam hubungan asmara yang mereka jalani saat ini.

"Kami menemukan bahwa pasangan yang memiliki penampilan fisik yang baik tidak lagi merasa puas terhadap hubungan mereka ketimbang pasangan yang kurang memiliki penampilan yang baik. Kami tidak menemukan adanya kaitan antara keserasian dalam kecantikan penampilan dan kepuasan terhadap hubungan, baik pada pria maupun wanita," jelas Hunt.

Menurut Hunt, kecantikan fisik memang masih dianggap sebagai karakteristik yang paling diidamkan dalam hubungan asmara. Memiliki pasangan yang cantik atau tampan biasanya sangat berpengaruh bagi orang-orang yang melihat mereka.

Hunt menyatakan bahwa penelitian lanjutan harus dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecantikan fisik dalam hubungan asmara. Namun, studi ini dapat memberikan pelajaran bahwa penampilan bukanlah segalanya. Sebaliknya, pertimbangkan pula kualitas diri lain dalam pasangan, seperti kecerdasan, kejujuran, kerendahan hati, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com