Kompas.com - 05/07/2015, 17:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com — Ibu hamil ngidam buah mangga, es krim, dan cokelat, atau mungkin berdandan, adalah hal yang biasa. Namun, apa yang terjadi jika seorang ibu yang sedang mengandung justru ngidam makan sabun? Berikut uraiannya.

Jess Gayford (26) asal Bristol, Inggris, sekarang sedang mengandung delapan bulan. Sekilas pandang, Gayford seperti ibu hamil kebanyakan. Namun, kenyataannya, Gayford memiliki kebiasaan yang antik dan tidak umum. Ternyata, ia senang mengonsumsi sabun selama masa kehamilannya ini.

Pada kehamilan anak keduanya ini, Gayford mengaku sangat suka menjilat dan memakan sabun Dove. Selain itu, dia juga berselera tinggi untuk meminum cairan pembersih. Benar-benar aneh, bukan?

"Suatu hari, saya membeli sabun batangan dan mulai suka menjilatinya. Saya tahu itu terdengar menjijikkan. Namun, rasa sabun itu sangat lezat," ujar Gayford.

Pasangan Gayford yang bernama Lee Trimby (31) awalnya sangat khawatir dengan gaya ngidam tersebut. Trimby takut, kegemaran baru kekasihnya ini berisiko tinggi terhadap buah hati mereka yang masih dalam kandungan.

Mereka pun berkonsultasi dengan dokter kandungan. Menurut hasil konsultasi itu, Gayford mengalami kondisi yang dinamakan pica.

Pica merupakan gangguan makan yang terjadi pada anak kecil serta ibu hamil sehingga mengonsumsi barang-barang yang bukan makanan. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon.

Pada beberapa kasus, banyak ibu hamil yang tiba-tiba jadi doyan makan cat dinding, es batu, dan minyak goreng.

Gayford mengaku bahwa kejanggalan ini tidak terjadi sewaktu dia mengandung anak pertama.

"Hamil anak pertama, saya menginginkan hal-hal biasa, seperti keju dan kacang polong. Tidak ada yang aneh," ujarnya.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.