Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valentino Haute Couture, Kembalinya Jaman Keemasan Romawi Kuno

Kompas.com - 14/07/2015, 11:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber NYMag


KOMPAS.com  - Perancis boleh saja menjadi pusat mode dunia, namun rumah mode asal Italia, Valentino mengingatkan kalu tak ada monopoli dalam dunia mode. Valentino yang biasanya memeragakan koleksi adibusananya di kota fashion Paris, kali ini "pulang kampung" menampilkan koleksi busana bertajuk "Mirabilia Romae" atau yang berarti Keajaiban dari Roma.

Bertempat di pusat kota Roma, Valentino menyulap daerah Piazza Mignanelli menjadi panggung catwalk yang luar biasa unik dengan papan kayu dan tempat duduk penonton yang tersebar di beberapa daerah. Sang creative director Maria Grazia Chiuri dan Pierpaolo Piccoli, menyiapkan 59 desain adibusana yang mengingatkan semua orang akan jaman keemasan Romawi Kuno. Para model tampil layaknya wanita pada jaman Romawi kuno dengan gaun panjang melayang, mahkota daun emas ala Julius Caesar, serta sandal gladiator.

Bahan tule dan velvet nampaknya menjadi bahan yang banyak digunakan untuk koleksi terbaru Valentino kali ini. Gaun dengan panjang semata kaki dipilih untuk menggambarkan keanggunan wanita layaknya jaman romawi kuno. Detail aksen lace, potongan menyerupai cape, dan juga bordir warna emas menambah kesan mewah pada koleksi "Mirabilia Romae".

Di akhir acara, kedua direktur kreatif Valentino, Chiuri dan Piccioli mendapat sambutan meriah atas hasil karya terbarunya. Baik Chiuri dan Piccoli, keduanya dianggap menghidupkan kembali rumah mode Valentino secara modern tanpa kehilangan identitas tradisionalnya, sekaligus membawa aura segar rumah mode besutan Valentino Garavani ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NYMag
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com