Kompas.com - 18/07/2015, 15:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Salah satu tanda penuaan yang paling terlihat adalah keriput pada kulit. Nah, sebagian wanita merasa kulit keriput merupakan sebuah masalah lantaran dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Namun, ternyata jenis kulit Anda pun dapat mempengaruhi munculnya keriput.

Studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Clinical Anatomy menyatakan bahwa orang yang memiliki kulit berminyak cenderung tidak berkeriput saat memasuki usia penuaan. Penelitian yang dilakukan para ahli dari Jepang ini menganalisa kulit dahi dan sekitar mata pada jenazah berusia 20 hingga 90 tahun.

Para peneliti tersebut mengamati keriput, jumlah kelenjar sebaceous yang berperan dalam sekresi minyak pada kulit, dan juga elastisitas serta kepadatan kulit. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kedalaman dan panjang keriput berkorelasi dengan jumlah kelenjar sebaceous pada area tubuh tersebut. Mereka yang memiliki banyak kelenjar tersebut pada area dahi dan sekitar mata cenderung memiliki keriput yang tidak panjang dan tidak dalam.

Inilah yang menjelaskan mengapa keriput cenderung lebih mudah terlihat di sekitar mata Anda ketimbang pada dahi. Alasannya, ada lebih banyak kelenjar sekresi minyak pada dahi ketimbang di area sekitar mata.

Sementara para peneliti menyatakan bahwa ada kemungkinan kulit yang lebih berminyak mampu mencegah kerutan yang kering dan dalam, kehadiran minyak tidak hanya membantu menjaga kelembutan kulit. Ternyata, kelenjar minyak pun dapat membuat area kulit tersebut menjadi lebih tebal, kenyal dan elastis.

Temuan menarik lainnya adalah para peneliti menyatakan bahwa kepadatan kelenjar minyak lebih rendah pada kaum wanita. Meskipun begitu, para peneliti tidak menemukan adanya perbedaan besar dalam hal kedalaman keriput baik pada pria maupun wanita.

Terlepas dari kulit Anda berminyak atau tidak, yang paling penting adalah Anda harus senantiasa merawat kulit secara teratur. Lindungilah kulit Anda dari paparan sinar matahari, lakukan olahraga rutin, konsumsi makanan sehat dan berguna bagi kulit, serta istirahatlah yang cukup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.