Kompas.com - 19/07/2015, 09:03 WIB
Ilustrasi HAIRTRANSPLANTATION.CLUBIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Untuk tampil sempurna, para wanita tidak hanya memperhatikan riasan wajah, namun juga penampilan rambut. Rambut yang kuat, indah, dan sehat tentu akan membuat wanita terlihat cantik dan lebih percaya diri. Guna memperoleh kondisi rambut yang prima, maka rambut harus dipotong secara teratur.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu seberapa sering rambut harus dipotong. Ada yang mengatakan bahwa rambut harus dipotong setidaknya sebulan sekali, namun ada pula yang berpikir bahwa rambut harus dipotong hanya beberapa kali dalam setahun. Nah, sebenarnya seberapa sering baiknya Anda memotong rambut?

"Sebaiknya Anda memotong rambut setiap enam atau delapan minggu sekali," ungkap Meri Kate O'Connor, pakar pewarnaan rambut senior dan pendidik pada Eva Scrivo Salon di New York City, Amerika Serikat.

Menurut O'Connor, alasannya sederhana, yakni memotong rambut secara teratur dapat mencegah kutikel rambut dari kerapuhan. Apabila kondisi rapuh dan pecah tersebut sampai ke batang rambut, maka rambut akan menjadi tipis dan akhirnya patah. Kondisi inilah yang menyebabkan rambut seringkali rontok karena patah.

"Inilah ketika orang mengalami kerontokan rambut karena patah. Sekalinya rambut Anda patah, maka tidak ada cara untuk memperbaikinya. Dengan memotong rambut secara teratur, Anda dapat menghindari risiko ini," sebut O'Connor.

Meskipun demikian, setiap jenis rambut memiliki perlakuan yang berbeda. Apabila Anda memiliki rambut yang normal atau kasar, maka rambut Anda cenderung lebih rentan untuk patah. Anda juga harus lehih teratur memotong rambut apabila Anda memiliki rambut yang sering diwarnai atau dikeringkan dengan pengering rambut yang mengalirkan panas.

Rambut Anda pun dapat memberikan sinyal kepada Anda untuk pergi ke salon dan memotong rambut. Apabila Anda memperhatikan bahwa ujung rambut lebih kering atau terlihat patah maupun Anda lebih sering mengeringkan rambut dengan pengering rambut dibandingkan biasanya, ada baiknya segera kunjungi salon langganan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Potongan rambut yang baik harus bertahan selama delapan minggu penuh. Jadi, apabila Anda merasa potongan rambut Anda sudah tidak sesuai lagi dengan bentuknya yang terakhir, sebaiknya Anda segera memotong rambut," saran O'Connor.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.