Kompas.com - 23/07/2015, 13:07 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
 Penata rias, blogger kecantikan, sekaligus beauty director dari Beauty.com, Romy Soleimani membocorkan teknik terbaik untuk mengulas eyeliner pada tiap bentuk mata wanita yang berbeda. Anda pun dapat langsung mempraktikkannya di depan kaca sesuai dengan bentuk mata yang dimiliki.

Mata berbentuk almond

Soleimani mengatakan bahwa kebanyakan teknik eyeliner dapat tampil indah pada mata yang berbentuk seperti buah almond. "Teknik yang terbaik adalah mengikuti kurva alami dari mata Anda, kemudian menebalkan bagian sudut luar mata," ujar Soleimani. Untuk menambahkan tampilan yang lebih maksimal, dapat diberikan efek smudge atau pudar pada bagian waterline atau bawah mata.

Mata tak memiliki lipatan

Bagi Anda yang tak memiliki lipatan mata, Soleimani menganjurkan untuk bereksperimen dengan garis eyeliner yang tebal. Gunakan eyeliner dengan formula cair atau tahan air, agar ketika mata Anda dibuka, eyeliner tak mudah luntur dan tahan lama.

Mata dengan lipatan kecil

Jenis mata ini, menurut Soleimani akan membuat eyeliner menjadi tak terlihat saat mata terbuka. Untuk itu ia menyarankan untuk tak mengenakan eyeliner terlalu tebal tepat di atas bulu mata. Sebaliknya aplikasikan eyeliner tepat pada bagian pangkal bulu mata agar lipatan mata dapat tetap nampak.

Mata turun atau sayu

Soleimani menyarankan untuk menciptakan sudut luar mata yang tinggi dan tipis. "Pikirkan sayap panjang, tipis, dan halus. Jangan lupa berikan highlighter untuk memberi ilusi mata yang lebih naik," ujar Soleimani.

Mata bulat

Untuk mata dengan bentuk bulat, dianjurkan untuk menciptakan bentuk almond dengan teknik eyeliner. Caranya menurut Soleimani adalah dengan menghubungkan dua garis pada bagian atas dan bawah mata.

Mata berjarak dekat

Mata berjarak dekat dapat diakali dengan ilusi teknik eyeliner agar terlihat lebih simetris. Caranya adalah dengan mulai membuat garis eyeliner dari bagian akhir dan memanjangkannya berbentuk sayap. Pada sudut mata dalam, gambarlah garis setipis mungkin.

Mata berjarak jauh

"Membuat tampilan mata dengan eyeliner tebal di bagian ujung dapat membuat mata jadi terlihat lebih kecil," ujar Soleimani. Lebih lanjutnya ia menyarankan untuk membuat efek smudge atau pudar pada eyeliner agar tampilannya lebih halus.

Mata menonjol

"Aplikasikan eyeliner tebal di atas bulu mata untuk memberi jarak pada lipatan kelopak mata sedikit. Kemudian tambahkan garis atau bayangan tipis pada garis bulu mata untuk menambah keseimbangan," ujar Soleimani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.