Kompas.com - 23/07/2015, 13:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com –
Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat, mengerjakan hobi, atau memenuhi rindu dengan berjumpa sahabat dan keluarga. Akhir pekan memang selalu menyenangkan. Namun, hati-hati, jangan terlalu bersemangat menanti akhir pekan. Sebab, itu bisa jadi Anda tidak suka dengan pekerjaan Anda.

Penelitian memang mengungkapkan umumnya orang-orang akan cenderung lebih bahagia saat akhir pekan. Ternyata, bagi orang-orang yang mencintai pekerjaanya, hal yang disebut sebagai efek akhir pekan cenderung lebih kecil daripada yang tak menyukai pekerjaanya. Imbas dari akhir pekan sebenarnya merupakan refleksi perbedaan antara emosi positif dan negatif pada hari kerja dan hari di akhir pekan.

Peneliti dari National Bereau of Economic Research menemukan bahwa karyawan yang bekerja di lingkungan yang nyaman dan sehat dilaporkan memiliki emosi positif sepanjang pekan.  Kondisi tersebut bertahan menjelang dan sesudah akhir pekan.

Sementara itu, karyawan yang tak menikmati pekerjaanya dan memiliki bos kurang kooperatif, memiliki tingkat emosi negatif tinggi pada hari biasa dan tingkat emosi positif pada akhir pekan, fluktuasi emosi terlihat jelas perbedaannya.

Data penelitian tersebut berdasarkan 1,77 juta orang yang dikumpulkan secara acak sejak tahun 2008 sampai 2012. Para responden diminta mengurutkan tujuh emosi yang mereka rasakan setiap hari.  Seluruhnya terdiri dari kegembiraan, rasa menikmati, tertawa, gelisah, kesedihan, marah, dan tertekan. Kemudian, responden juga ditanya berapa banyak waktu yang dihabiskan pada satu pekan untuk bersosialisasi dengan keluarga dan kerabat.

"Persentasi peningkatan emosi negatif di hari kerja ke hari akhir pekan umumnya lebih besar daripada emosi positif. Misalnya pengurangan rasa stres, khawatir, dan marah lebih besar daripada peningkatan kegembiraan," ujar peneliti.

Fakta selanjutnya dari efek akhir pekan ternyata tiga kali lebih besar pada orang yang bekerja dengan lingkungan tak menyenangkan ketimbang pekerja yang bekerja di tempat menyenangkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, apakah tempat kerja Anda menyenangkan atau justru sebaliknya Anda sudah tak sabar menunggu akhir pekan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.