Kompas.com - 25/07/2015, 11:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Di cuaca yang panas dan terik seperti saat ini, tabir surya merupakan produk yang tidak boleh dilupakan pengaplikasiannya pada tubuh, setidaknya pada kulit. Namun, ternyata rambut Anda pun perlu diberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, perlu juga untuk mengaplikasikan tabir surya pada tiap helai rambut.

Mengapa demikian? Alasannya, sinar ultraviolet akan memudarkan warna rambut Anda. Meskipun mengenakan topi merupakan salah satu cara mudah untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari, namun cara ini tidak selalu efektif. Makanya, penting bagi Anda untuk mengaplikasikan tabir surya pada rambut layaknya pengaplikasian SPF pada kulit.

"Tabir surya untuk rambut sangat bermanfaat karena akan memberikan batas perlindungan antara Anda dengan sinar ultraviolet. Produk ini tidak hanya membantu melindungi rambut, namun juga kulit kepala Anda. Sebab, kulit kepala juga rentan akan paparan sinar matahari, khususnya di sekitar belahan rambut," jelas Jo Blackwell-Preston, pemilik Dop Dop Salon di New York City, Amerika Serikat.

Blackwell-Preston mengungkapkan, memberikan perlindungan pada rambut bukan berarti menambahkan satu langkah dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Saat ini telah hadir banyak produk perawatan rambut yang juga memiliki fungsi perlindungan. Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan bahwa produk perawatan rambut Anda memiliki formula perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Beberapa produk yang dapat Anda pilih untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar ultraviolet adalah minyak hidrasi atau hydrating oil yang mampu mengurangi kondisi rambut kusam, menambah kelembapan rambut, dan melindungi rambut dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, minyak ini juga mampu memberikan perlindungan bagi rambut yang terpapar panas akibat proses penataan.

Selain itu, produk lainnya adalah masker rambut, cairan semprot perlindungan terhadap panas, sampo tanpa bilas atau dry shampoo, dan tabir surya khusus untuk rambut. Selain membuat rambut tetap lembap dan terhidrasi, formulasi produk-produk tersebut juga mampu menjaga warna kulit sehingga tidak mengalami perubahan atau kerusakan akibat paparan sinar matahari.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.