Kompas.com - 28/07/2015, 10:09 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com -
 Pekerjaan apapun pasti terkadang memberikan Anda rasa lelah secara emosional hingga mengerjakan tugas yang mudah saja membuat Anda jengah. Stres dalam menghadapi pekerjaan semacam ini harus dihilangkan, sebab tidak hanya dapat mengganggu kinerja Anda di kantor namun juga kesehatan emosional Anda. 

Perasaan stres tersebut dapat didefinisikan sebagai perasaan yang timbul ketika Anda tidak bisa mengerjakan beban pekerjaan yang tinggi sehingga menyebabkan Anda frustrasi. Sebuah studi teranyar yang dilakukan di Australia menemukan bahwa stres karena pekerjaan pada dasarnya dapat dihindari dengan olahraga, seperti misalnya lari. 

Dalam studi tersebut, para pria dan wanita yang tidak aktif berolahraga berpartisipasi dalam latihan cardio dan weight training selama empat minggu dengan waktu minimal latihan adalah tiga kali sesi 30 menit setiap minggu. Selain itu, mereka juga diteliti ketika tetap memilih untuk tidak berolahraga. Sebelum dan sesudah latihan selama empat minggu tersebut, para peneliti melakukan tiga tes berbeda untuk mengetahui perubahan suasana hati para partisipan. 

Hasilnya, para partisipan yang mengikuti progran latihan merasa lebih dapat mencapai hasil dari apa yang mereka lakukan setelah empat minggu. Selain itu, mereka juga melaporkan tidak merasakan adanya stres dan tekanan mental, kelelahan emosional, maupun stres. Meskipun demikian, hal ini ternyata tidak dirasakan oleh para partisipan yang tak berolahraga.

"Olahraga memiliki potensi sebagai intervensi stres yang efektif. Organisasi yang ingin secara proaktif menurunkan tingkat stres di tempat kerja dapat meyakinkan para karyawannya untuk melakukan program latihan secara teratur," tulis para peneliti dari University of New England, Australia dalam laporan tertulis. 

Nah, apabila Anda merasa jenuh dan jengah terhadap pekerjaan atau merasakan ketegangan yang konstan setiap kali melakukan pekerjaan, pertimbangkanlah untuk berolahraga seperti latihan cardio atau angkat beban. Selain membuat tubuh semakin bugar, Anda pun dapat merasa segar dan suasana hati pun akan membaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.