Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2015, 14:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber dailyworth


KOMPAS.com - Sebagai wanita, tentunya mengalami kebutuhan mendadak yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan dana di luar dugaan sudah bukan sebuah hal yang mengagetkan. Bahkan hingga membebani tabungan yang niatnya hanya Anda sentuh bila dalam keadaan genting saja. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan beberapa jenis tabungan sedari dini, guna mengantisipasi hal-hal di bawah ini yang bisa kapan saja terjadi. Menurut situs dailyworth ada tujuh hal sehubungan dengan biaya yang jika terjadi, tentunya segera membutuhkan pertolongan dana tabungan Anda:

1. Biaya kehilangan pekerjaan

Pada kenyataannya sama sekali tak ada jaminan berapa lama Anda akan bekerja di perusahaan Anda saat ini. Skenario seperti dirumahkan, perusahaan bangkrut, gagal kontrak, dan pemmutusan hubungan kerja dapat terjadi pada siapapun.

Akan sangat baik jika bisa langsung mendapatkan pekerjaan pengganti, namun tak akan pernah ada yang tahu secepat apa Anda mendapatkannya. Maka tak ada salahnya untuk menyiapkan dana tak terduga untuk membayar segala tagihan bulanan. Jangan lupakan biaya lainnya juga untuk Anda mencari pekerjaan berikutnya.

2. Biaya perceraian

Data menyebutkan bahwa pada tahun 2011, lebih dari seperempat wanita di Amerika Serikat hidup dalam kemiskinan akibat perceraian atau perpisahan dengan pasangan. Dari data tersebut semua orang dapat belajar mempersiapkan keuangan untuk berbagai skenario masa depan, termasuk perceraian. Pasalnya, selain biaya hidup, biaya untuk mengurus perceraian sendiri tidaklah murah.

3. Biaya kehamilan

Kehamilan adalah suatu hal yang tak terduga. Tak ada salahnya menyiapakan biaya khusus kehamilan bagi Anda yang telah berkeluarga. Ada pula biaya program kehamilan untuk meningkatkan kesuburan atau keluarga berencana yang dapat diperkirakan.

4. Biaya transportasi

Banyak wanita yang tak memperkirakan biaya transportasi dadakan perbulannya. Jika pulang terlalu malam, rata-rata wanita akan memilih taksi atau mobil pengantar pribadi daripada kendaraan umum lainnya. Argo taksi dan mibil pengantar yang terbilang cukup mahal, terkadang membuat bengkak biaya bulanan.

5. Biaya kerusakan kendaraan

Bagi wanita yang mengendarai kendaraan pribadi, menyiapkan dana untuk malfungsi kendaraan bermotor sangat diperlukan. Ada baiknya, lakukan pengecekan rutin kendaraan tiap satu bulan sekali untuk mencegah kerusakan yang berarti. Selain itu, sebelum ke bengkel cobalah bertanya pada teman yang lebih mengerti tentang hal ini agar harga tak mendapati harga yang melambung tinggi.

6. Biaya pajak dan asuransi

Ingatlah tagihan pajak dan asuransi yang harus Anda bayar. Kebanyakan orang tak mengingat tanggal jatuh tempo dan sering berakhir dengan denda yang lumayan membebani.

7. Biaya kesehatan

Terakhir dan utama adalah dana persiapan bagi kesehatan. Ada baiknya menabung untuk kesehatan agar tak membebani orang-orang disekitar Anda. Meski telah ada asuransi kesehatan dari pemerintah dan tempat kerja, Anda tetap perlu menabung untuk jangka waktu ke depan yang kadang memang tak terduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dailyworth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com