Kompas.com - 30/07/2015, 20:10 WIB
Ilustrasi DAILYMAIL.CO.UKIlustrasi
|
EditorAlvin Dwipayana


KOMPAS.com - Apakah Anda termasuk sebagai seseorang yang memiliki kepribadian ektrover? Apakah Anda juga kesulitan dalam hal menabung? Menurut penelitian, kedua hal tersebut memiliki korelasi yang amat kuat. Proses penelitian yang dilakukan Jacob Hirsh, seorang asisten profesor di Rotman School and U of T Mississauga's Institute for Management and Innovation, ternyata membuktikan bahwa orang yang memiliki kepribadian ekstrover memang cenderung lebih sulit menabung, mengontrol belanja, serta memiliki hutang lebih banyak.

"Banyak pilihan yang dibuat berdasarkan karakteristik serta kepribadian seseorang," ujar Hirsh. "Kaum ekstrover jauh lebih peka terhadap sebuah penghargaan, yang mana hal tersebut semakin menyulitkan mereka dari keinginan mengeluarkan uang dengan cepat," tambahnya lagi.

Hirsh coba meneiliti hubungan antara data jumlah ekstrover di Amerika Serikat dan tingkat menabung secara personal. Lewat penelitiannya Hirsh menemukan bahwa orang dengan tingkat ektrover tinggi umumnya menghabiskan uang untuk konsumsi belanja cepat, dibanding menabung. Selanjutnya ia juga meneliti data pendapatan nasional yang ternyata memiliki pola yang sama. 

Semakin banyak orang yang berkepribadian ekstrover dalam satu populasi, maka jumlah tabungan yang dimiliki akan semakin rendah. Hal tersebut berlaku pada populasi di segala usia dan berapapun besarnya kekayaan. Namun demikian, Hirsh menyebutkan bahwa penelitiannya tersebut tak lepas dari faktor kelemahan dari penyebab hubungan antara kepribadian dengan jumlah uang yang dikeluarkan. 

"Saya dan tim peneliti tahu bahwa ciri-ciri kepribadian memiliki pengaruh yang kuat pada hasil kehidupan setiap individu," ujar Hirsh. "Kami hanya mulai memahami konsekuensi sosial dan ekonomi yang lebih luas dari perbedaan kepribadian ini," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dailymail
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.