Kompas.com - 01/08/2015, 08:07 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Dengan aktivitas yang beragam sebagai pembawa acara, penyiar dan pemimpin redaksi sebuah majalah, Novita Angie tetap berusaha untuk dapat mencurahkan perhatian dan kasih sayang kepada buah hatinya. Tidak terkecuali, Angie pun berusaha untuk dapat selalu memberikan pendidikan kepada anak tanpa terganggu oleh kesibukannya.

Salah satu kegiatan yang dimanfaatkan Angie tidak hanya untuk memberikan pendidikan, namun juga menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Salah satunya adalah dengan cara mengajak anak untuk ikut ke kantor. Kegiatan ini diakui Angie cukup ampuh untuk mendidik sekaligus menumbuhkan berbagai nilai positif kepada anak, selain tentunya memiliki waktu berkualitas antara ibu dan anak.

"Saya suka mengajak anak saya ke tempat kerja, misalnya lokasi syuting atau ke studio tempat saya siaran. Semakin mereka besar, saya harus memerikan pengertian kepada mereka tentang seperti apa pekerjaan saya. Namun, saya tekankan juga bahwa ketika ikut saya ke kantor bukan sekadar main, tapi ada nilai yang diperoleh," ujar Angie ketika berbagi pengalaman dalam talkshow Pentingnya Bermain Sambil Belajar bagi Perkembangan Anak, Kamis (30/7/2015).

Saat berada di kantor, Angie pun mengajarkan anak untuk turut mencoba berbagai pekerjaan yang ada, misalnya membantu pekerjaan produser siaran, mengetik naskah, mengatur tata letak majalah, dan sebagainya. Rekan-rekan kerjanya pun diminta oleh Angie untuk dapat turut berpartisipasi dengan aktivitas ini, misalnya meminta sang anak untuk mengerjakan sesuatu.

"Saya bilang ke tim saya, mau minta tolong apa saja ke anak saya silakan. Mau fotokopi, menemani mengantarkan pekerjaan ke lantai lain, atau mengetik naskah. Penghargaan yang saya kasih adalah biasanya saya kasih semacam gaji yang besarannya dinegosiasi bersama. Sekalian melatih dia belajar berhitung," jelas Angie.

Pada kesempatan yang sama, psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo Psi menyatakan, sesekali orangtua memang sebaiknya mengajak anak ke tempat kerja. Tujuannya bukan untuk bermain, akan tetapi bisa menjadi sebuah sarana bagi anak untuk mempelajari berbagai nilai positif. Orangtua pun dapat memiliki waktu berkualitas bersama anak di sela-sela bekerja.

"Anak memang seharusnya diajak ke tempat kerja. Tujuannya supaya ia lebih menghargai susahnya mencari uang. Selain itu, anak juga akan bahagia kalau ia bisa membantu pekerjaan orangtua, karena bagi dia ini konteksnya bermain. Orangtua pun dapat memberikan berbagai penjelasan. Dengan cara ini, anak akan lebih cepat menangkap berbagai informasi," ujar Vera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.