Kompas.com - 03/08/2015, 14:09 WIB
Baru-baru ini dikabarkan bahwa Kate Middleton telah berhasil memperoleh sertifikat menyelam tingkat lanjut. PEOPLE.COMBaru-baru ini dikabarkan bahwa Kate Middleton telah berhasil memperoleh sertifikat menyelam tingkat lanjut.
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com -
Kecintaan Kate Middleton (33), istri Pangeran William dari Kerajaan Inggris akan olahraga sudah dikenal luas. Seringkali Kate terlihat menyaksikan berbagai pertandingan olahraga, termasuk mendukung tim-tim olahraga, seperti hoki, tenis, sepakbola, polo, dan sebagainya. Kini, Kate membuktikan pula kemampuannya di bidang olahraga.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Kate telah berhasil memperoleh sertifikat menyelam tingkat lanjut. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh surat kabar The Telegraph, yang menyatakan bahwa ibu dari Pangeran George dan Putri Charlotte ini telah mengantongi sertifikat kualifikasi menyelam perairan terbuka.

Dengan sertifikat tersebut, maka Kate telah diperbolehkan untuk menyelam hingga kedalaman 98 kaki. Sertikat tersebut diterbitkan oleh Asosiasi Instruktur Penyelaman Profesional atau Professional Association of Diving Instructors (PADI). Dengan demikian, Kate mengikuti jejak sang suami yang merupakan seorang penyelam andal dan menjabat sebagai Presiden British Sub-Aqua Club.

Staf kerajaan pun telah mengonfirmasi bahwa Kate berhasil lulus dalam kualifikasi PADI. Pun dinyatakan bahwa menyelam adalah aktivitas olahraga yang digemari Kate bersama sang suami. "Ini adalah olahraga yang begitu dinikmatinya bersama Duke of Cambridge (gelar Pangeran William)," tulis sang sumber.

Menurut pihak PADI, kualifikasi dalam menyelam meliputi dua jenis penyelaman yang disyaratkan, yakni navigasi dalam laut dan bawah air serta tiga jenis penyelaman lain yang dapat dipilih sendiri oleh partisipan. Selain itu, partisipan juga harus mengelola penyelaman yang melibatkan efek fisiologis dan tantangan untuk melakukan scuba diving dengan kedalaman tingkat lanjut.

Selain itu, masih menurut PADI, para partisipan juga diwajibkan untuk menunjukkan kemampuan navigasi kompas. Para partisipan akan dianggap lulus dan berhak memperoleh sertifikat apabila memiliki kemampuan navigasi dengan menggunakan kick-cycle dan tanda-tanda visual serta waktu. William dan Kate memang diketahui menyukai aktivitas di air, termasuk liburan di Kepulauan Mustique di Karibia maupun di kolam renang di kediaman mereka di Anmer Hall, Inggris.

Tahun lalu, Pangeran William menyatakan keinginannya agar Pangeran George pun dapat turut menikmati kegiatan menyelam yang digemarinya. "Saya harap suatu hari putra saya, George, juga akan bisa merasakan pengalaman luar biasa yang ditawarkan dalam kegiatan menyelam atau scuba diving," jelas Pangeran William.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber People
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.