Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan ASI Sedunia, Ribuan Ibu Akan Menyusui di Tempat Umum

Kompas.com - 04/08/2015, 07:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com


KOMPAS.com - Merayakan pekan memberi ASI sedunia, yang jatuh tepat tanggal 1hingga 7 Agustus 2015 ini, ribuan ibu akan memberi ASI pada anaknya di tempat umum, secara serentak dalam tempo satu menit. Aksi yang terbilang unik ini bertujuan untuk menggalang kepedulian masyarakat terhadap aktivitas menyusui ASI kepada anak.

Dengan nama "Big Latch On", acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan sejak diluncurkan pertama kali 23 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1992. World Alliance for Breastfedding Action sebagai penyelenggara dari aksi menyusui ASI ini, memang giat mencari rekanan organisasi dari seluruh dunia untuk mempromosikan pemberian ASI kepada anak. Terbukti tahun ini, sebanyak 176 negara turut bergabung dalam aksi ini, tak terkecuali Indonesia lewat Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

Tiap tahunnya, aksi ini memiliki tema program pemberian ASI yang berbeda, dan untuk tahun 2015 tema yang dipilih adalah "Breastfeeding and Work Let's Make It Work!" ("Menyusui dan Bekerja: Mari Kita Sukseskan Bersama!")

Tema tersebut dipilih khusus untuk menghimbau perusahaan tempat dimana para ibu bekerja, untuk membuat kebijakan yang memudahkan para ibu mendapatkan fasilitas dimana mendukung program ASI ekslusif untuk sang anak.

Direktur umum dari International Labour Oraganization, agensi spesialis dari PBB, Guy Ryder mengungkapkan bahwa isu perlindungan pada ibu saat bekerja menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kesetaraan jender di seluruh dunia. Ryder menyebutkan bahwa ada lebih dari 800 juta pekerja wanita diseluruh dunia, yang mana sebanyak 41 persennya masih belum menerima perlindungan maternitas (pelayanan keperawatan profesional), termasuk keleluasaan memberi ASI pada anak saat bekerja.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com