Kompas.com - 10/08/2015, 10:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com – Bau kurang sedap yang datang dari kaki, dampaknya sama dengan bau ketiak yang tidak segar, bisa membuat seseorang minder dan tidak percaya diri. Alhasil, mereka jadi menutup diri karena malu dengan aroma mengganggu yang berasal dari tubuh mereka.

Keringat pada tubuh, menurut para peneliti, sebenarnya tidak menimbulkan bau. Namun, keringat yang berlebihan membuat kelenjar keringat bereaksi terhadap bakteri yang menempel pada sel-sel kulit mati. Penjelasan yang sama juga berlaku pada masalah bau kaki.

Penyebab kaki Anda menebarkan bau adalah aktivitas bakteri actinomycetes yang bersarang di tempat lemba yang menyulitkan terjadinya pertukaran udara. Bakteri tersebut bisa menempel di sepatu dan kaus kaki Anda.

Selain bakteri, kaki bau juga terjadi karena banyaknya sel-sel kulit mati pada kaki. Kemudian, konsentrasi tinggi keringat yang terjebak dalam kaus kaki dan sepatu menghasilkan bakteri bernama methanethiol, propanoic, dan isovaleric acids.

Aroma kurang sedang pada kaki yang menyerupai keju basi, datang dari methanethiol. Lalu, bau asam kaki berasal dari isovaleric. Sementara itu, aroma yang tercium pahit pada kaki, sumbernya adalah isovaleric acids.

Pada video yang dibuat oleh American Chemical Society, menjelaskan bahwa bau kaki bisa menyebabkan sejumlah kejadian memalukan pada hidup Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasinya agar orang-orang sekeliling tidak merasa terganggu dan mulai menjauhi Anda.

Sejumlah pakar yang hadir pada video mengenai dampak buruk bau kaki tersebut, menyarankan supaya Anda rajin mencuci dan membersihkan kaki dengan sabun anti bakteri. Selain itu, mereka juga menegaskan bahwa ritual mengangkat kulit mati di kaki dengan cara scrubbing, merupakan solusi efektif untuk membuat kaki Anda kembali segar. Selanjutnya, untuk meredakan aroma asam dari kaki, semprotkanlah deodoran khusus kaki sebelum Anda mengenakan sepatu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, untuk perawatan mingguan, lakukan merendam kaki dalam air hangat yang telah ditaburkan dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree. Ritual ini efektif dalam membunuh bakteri penyebab bau kaki yang membuat Anda tidak percaya diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber askmen
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.