Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2015, 09:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Di usia 20 tahun, semua orang pasti ingin memulai kariernya dan berniat mendapatkan penghasilan sendiri termasuk Anda. Dari penghasilan ini sebagian yang berpikir jauh ke depan akan menabung dan menyisihkan penghasilannya untuk kebutuhan hidup. Namun tak jarang sebagian orang menghabiskan penghasilannya untuk hal-hal yang tidak berguna dan pada akhirnya datanglah penyesalan di kemudian hari.

Michael Egan, perencana keuangan bersertifikasi dan rekan pelatihan keuangan terpercaya, menyimpulkan  bahwa ada 14 hal yang patut dimiliki seseorang saat memasuki usia 20-an. Sebanyak 14 hal berikut akan menjadi "aset terbaik" ke depan untuk seorang pekerja awal. Silahkan mengurutkan dengan skala prioritas yang sesuai untuk Anda.

1. Pengalaman baru

Sempatkanlah untuk berjalan-jalan akhir pekan di museum, pergi menjelajah negeri, mendatangi wilayah yang belum pernah dikunjungi atau naik gunung. Sekarang saatnya Anda coba keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru.

2. Pelunasan hutang

Di luar negeri ada pinjaman uang yang dinamakan student loans untuk para mahasiswa. Jika Anda memiliki hutang, yakinkan untuk terus mencicilnya tiap bulan sebelum memiliki banyak keinginan dari penghasilan Anda.

3. Tas kerja

Mengawali dunia pekerjaan yang baru untuk Anda, hindari datang ke tempat kerja mengenakan tas ransel kuliah. Mulailah tampil profesional dengan tas kerja bewarna netral.

4. Busana wawancara kerja yang pantas

Anda tak akan mengenakannya sehari-hari, namun Anda sangat memerlukan padanan busana yang pantas untuk mendatangi wawancara kerja, mengikuti sebuah seminar, atau mendatangi acara resmi lainnya.

5. Penyimpan data yang rapi

Mulailah untuk mendisiplinkan diri lewat penyimpanan berkas untuk dunia baru Anda. Alat bantu seperti hard drive eksternal atau situs penyimpanan data online juga bisa digunakan. Kebiasaan yang baik akan memberikan hasil yang maksimal juga.

6. Peningkatan kemampuan diri

Setelah lulus kuliah bukan berarti Anda juga berhenti belajar. Pertimbangkan untuk mengambil kelas yang dapat meningkatkan kemampuan Anda, terutama yang berguna di dunia kerja dimana segera Anda masuki.

7. Tidur berkualitas

Jangan lupa, Anda juga perlu tidur dengan kualitas yang baik untuk meningkatkan performa di dunia kerja yang akan atau sedang Anda jalani. Pemilihan material kasur beserta perangkat tidur lain berkualitas tinggi lebih disarankan untuk kesehatan Anda.

8. Penghasilan Tambahan

Jika Anda merasa akan menetap selama lima tahun di tempat kerja dan tempat tinggal yang sama, mulailah mencari pemasukkan tambahan. Salah satu jalan terbaik adalah menyewakan sebagian rumah Anda pada teman untuk membantu memberi Anda pemasukkan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.