Kompas.com - 14/08/2015, 12:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Setelah menikah, sebagian besar wanita pasti ingin memiliki keturunan guna menambah kebahagiaan dalam pernikahan. Akan tetapi, tidak banyak wanita yang mengetahui usia yang tepat untuk mengandung dan melahirkan buah hati demi menghindari risiko komplikasi.

Di samping itu, tidak sedikit pula pasangan suami istri yang tidak tahu persis berapa jumlah anak yang mereka inginkan. Sehingga, terkadang menunda untuk memiliki atau menambah buah hati menjadi sebuah pilihan. Sebuah studi terbaru yang dihelat para ahli di Belanda menemukan estimasi usia kapan wanita harus mulai untuk mengandung, tergantung berapa jumlah anak yang diinginkannya dan apakah ia ingin menjalani In Vitro Fertlization (IVF) untuk memperoleh keturunan.

Para peneliti memberikan contoh, misalnya Anda ingin memiliki tiga orang anak dan tidak mau menjalani IVF, maka usia maksimal Anda untuk mulai coba mengandung adalah 23 tahun dengan tingkat kesuksesan 90 persen. Jika Anda menunggu sampai usia 35 tahun, maka kesempatan untuk sukses turun hingga 50 persen.

Apabila Anda ingin memiliki hanya satu orang anak dan bersedia menjalani IVF, maka prediksi kesuksesan bila mencoba pada usia 35 tahun adalah 90 persen. Kemungkinan kesuksesan akan turun hingga 50 persen apabila Anda menunda sampai usia 42 tahun. Adapun bila Anda ingin memiliki satu orang anak tanpa IVF, maka usia maksimal Anda untuk mencoba adalah usia 32 tahun.

Studi tersebut memang hanya mengukur berdasarkan usia wanita. Akan tetapi, beberapa studi lain telah menunjukkan bahwa usia pria pun dapat mempengaruhi kesuburan pasangan pula. Sebuah studi menunjukkan bahwa kesempatan pria untuk memiliki keturunan akan menurun sebanyak 11 persen seiring bertambahnya usia.

Berdasarkan studi tersebut, ada baiknya Anda memahami dan mengetahui usia yang tepat bagi Anda untuk mengandung. Sebab, faktanya banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Riset menunjukkan bahwa hampir separuh wanita berusia 40 tahun ke atas terkejut ketika diminta mengikuti perawatan fertilitas untuk dapat hamil.

Informasi-informasi ini pun jangan sampai membuat Anda dan pasangan menjadi panik dan buru-buru merencanakan untuk memiliki keturunan. Sebaliknya, informasi di atas dapat menjadi bekal pengetahuan bagi Anda dan pasangan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.