Kompas.com - 18/08/2015, 14:53 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf


KOMPAS.com --
Bintang serial televisi Modern Family, Ariel Winter, baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya menjalani operasi pengecilan ukuran payudara dari 32F menjadi 34D. Operasi ini dilakukan menyusul berbagai keluhan yang dialami Winter pasca operasi pembesaran payudara.

"Saya bertahun-tahun mengalami sakit pada punggung dan leher. Leher saya begitu nyeri dan saya juga sebenarnya mengalami beberapa masalah dengan tulang punggung saya. Saya sudah mendiskusikan masalah payudara ini dengan dokter, tapi saya akhirnya memutuskan untuk melakukannya (operasi pengecilan payudara)," ujar Winter.

Namun demikian, ternyata keputusan untuk menjalani operasi pengecilan payudara ini bukan hanya dilakukan oleh Winter. Hal serupa juga menjadi keputusan bagi ribuan wanita di Inggris. Tahun lalu, sekitar 5.000 orang wanita menjalani operasi pengecilan ukuran payudara.

Stephen Hamilton, konsultan untuk British Association of Aesthetic lastic Surgeons (BAAPS) mengemukakan, operasi semacam ini lumrah dilakukan, khususnya bagi wanita yang memiliki keluhan akibat ukuran payudara yang besar dan berat. Tidak seperti operasi pembesaran payudara, operasi pengecilan ukuran payudara jarang sekali dilakukan untuk alasan kosmetik.

Hamilton menjelaskan, operasi pengecilan payudara tidak dilakukan untuk wanita yang sebelumnya pernah menjalani operasi pembesaran payudara. Untuk kondisi semacam itu, para dokter biasanya akan mengeluarkan implan yang terpasang di payudara ketimbang melakukan rekonstruksi pengecilan.

"Wanita yang menjalani operasi pengecilan ukuran payudara memutuskan untuk operasi demi memperbaiki kualitas hidup mereka. Seringkali mereka melakukannya karena merasa tidak nyaman karena menderita sakit punggung dan leher. Mereka juga bisa mengalami iritasi kulit di bawah payudara karena penumpukan keringat. Terkadang juga muncul bau badan," jelas Hamilton.

Menurut Hamilton, gejala-gejala dan keluhan tersebut akan mempengaruhi psikologi wanita. Dalam situasi sosial, kepercayaan diri pun akan menurun. "Ada banyak bukti manfaat operasi ini secara psikologis," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.