Kompas.com - 23/08/2015, 21:56 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com - Coba Anda ingat-ingat, hal apa sebenarnya yang mampu membunuh gairah bercinta dengan pasangan? Stres, lelah, dan suasana hati yang sedang tidak baik biasanya merupakan hal umum yang mengurangi gairah bercinta. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa sebuah permainan gadget klasik ternyata mampu mempengaruhi gairah bercinta Anda.

Studi teranyar yang digelar para psikolog dari Plymouth University, Inggris dan Queensland University of Technology, Australia menemukan bahwa menghabiskan waktu tiga menit bermain permainan video game "jadul" bernama Tetris dapat meredupkan gairah seks. Tidak hanya itu, permainan ini juga melemahkan keinginan Anda untuk merokok, mengudap, menyesap kopi, hingga tidur.

Untuk meneliti, para psikolog meminta 31 orang mahasiswa berusia 18 sampai 27 tahun untuk setiap hari melaporkan kepada mereka apabila menginginkan hal-hal yang tersebut di atas. Selain itu, 15 orang di antaranya diminta bermain Tetris selama tiga menit sebelum melaporkan keinginan tersebut kepada para psikolog guna mengetahui apa yang terjadi setelahnya.

Hasilnya, para psikolog menemukan bahwa bermain Tetris terbukti menurunkan gairah dan keinginan akan bercinta, merokok, mengudap, minum kopi, mengonsumsi obat-obatan, hingga tidur. Penurunan gairah ini terjadi dari 70 persen menjadi 56 persen dan efeknya tidak berkurang.

Meskipun studi ini merupakan studi kecil, namun kesimpulannya pun dapat dipertimbangkan. Nah, bagaimana sebenarnya penjelasan akan temuan ini? Jackie Andrade, profesor dari School of Psychology fan Cignition Institute di Plymouth University menyatakan bahwa permainan Tetris begitu sukses menurunkan gairah karena sifat permainan itu sendiri.

Andrade menjelaskan, ketika bermain Tetris, pikiran dan perhatian Anda sepenuhnya akan tertuju kepada permainan tersebut. "Rasanya sangat sulit untuk membayangkan hal-hal lain yang dan bermain Tetris pada saat yang bersamaan," imbuh Andrade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.