Kompas.com - 27/08/2015, 13:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri, anak jaman sekarang memiliki tantangan yang lebih saat tumbuh kembang. Aktivitas seperti sering bermain video game, kurang gerak, serta terlalu lama duduk di bangku dapat membuat postur tubuh anak jadi tidak proporsional dan cenderung membungkuk. Untuk itu, diperlukan pencegahan sedari dini agar postur tubuh anak dapat tumbuh dengan baik. 

Selain pencegahan, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh anak itu sendiri. Cara paling alami untuk memperbaiki postur tubuh, terutama tulang belakang anak agar selalu tegap adalah dengan melakukan kegiatan olahraga.

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan guna memperbaiki postur tubuh ini adalah dengan melakukan pilates. Dalam wawancara bersama seorang instruktur pilates, Diana dari Poise Pilates Studio yang bertempat di Lotte Shopping Avenue Jakarta, Diana mengungkapkan bahwa olahraga pilates memiliki fungsi maksimal untuk melatih memperbaiki postur tubuh serta menambah kelenturan. 

"Pilates adalah satu-satunya olahraga yang dapat membentuk bagian belakang tubuh," ujar Diana. Ia kemudian menambahkan bahwa pilates juga aman dilakukan untuk anak-anak. "Biasanya saat anak mengalami masa pubertas, terutama anak perempuan, payudaranya bertumbuh dan momen tersebut dapat membuat mereka malu hingga menyebabkan anak perempuan lebih sering membungkuk guna menyembunyikannya. Selain itu anak dengan aktivitas dan kegiatan pendukung sekolah yang padat, terbiasa membawa tas yang terbilang berat hingga membuat tubuh mereka jadi cenderung membungkuk," ujar Diana. 

Ia mengatakan bahwa olah tubuh pilates sangat aman dilakukan untuk anak-anak. Usia yang dianjurkan untuk melakukan olahraga pilates ini adalah saat memasuki usia tujuh tahun. Sehingga, jika sudah melihat potensi bentuk tubuh yang kurang proporsional pada anak ataupun berusaha mencegahnya, janganlah ragu untuk mengajak anak-anak mulai melakukan kegiatan pilates.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.