Kompas.com - 27/08/2015, 17:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Olahraga pilates memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menguatkan otot tubuh, memperbaiki postur tubuh, menambah fleksibilitas dan kelenturan, serta masih banyak lain lagi manfaat yang bisa didapat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Diana, seorang instruktur pilates di Poise Pilates Studio yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, lantai tiga. 

Selain fungsi tersebut, ternyata pilates juga dapat menjadi alternatif olah tubuh yang sangat baik bagi ibu hamil. Diana mengatakan bahwa Pilates merupakan olahraga yang cocok dilakukan untuk para wanita mengandung. "Pilates untuk ibu hamil dapat dilakukan dari mereka yang sudah memasuki usia kandungan empat bulan sampai satu minggu sebelum tanggal prediksi melahirkan," ujar Diana. 

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil yang ingin melakukan olah tubuh ini adalah ketersediaan kelas pilates khusus ibu hamil. Pasalnya, Diana mengatakan gerakan pilates khusus ibu hamil harus disesuaikan dengan usia kandungannya. "Makin bertambah usia kandungan, maka gerakan akan semakin lambat," ujar Diana. 

Diana juga mengatakan kelas pilates ibu hamil kemudian dibagi sesuai usia kandungan. Misalnya usia kandungan empat bulan dan usia kandungan tujuh bulan tak dapat digabungkan. Maka tak ada salahnya memilih kelas pilates privat dengan mendatangkan instruktur langsung. Tentunya dengan olah tubuh secara rutin yang dilakukan oleh wanita mengandung, nantinya dapat membantu proses kelahiran menjadi lebih lancar dan sekaligus bisa mengurangi nyeri pada bagian tubuh tertentu akibat perubahan postur tubuh selama masa kehamilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.