Kompas.com - 28/08/2015, 07:00 WIB
|
Editor Syafrina Syaaf

KOMPAS.com -- Sebuah penelitian terbaru dari Indiana University Bloomington menemukan bahwa wanita yang bekerja di lingkungan kerja dengan mayoritas karyawan pria, memiliki risiko kesehatan yang cukup serius.

Peneliti mencoba melakukan survei terhadap 440 wanita yang bekerja di lingkungan kerja yang 85 persen di dominasi pria. Kemudian, peneliti menemukan bahwa responden karyawan wanita tersebu memiliki pola hormon kortisol, alias hormon stres yang buruk.

Saat seseorang memiliki hormon kortisol yang buruk, maka hal tersebut dapat berimbas pada kesehatan jangka panjang mereka, yakni meningkatkan risiko depresi dan juga insomnia jangka pendek.

Penelitian kemudian menyimpulkan ada beberapa alasan mengapa pola hormon kotrisol karyawan wanita tidak begitu baik. Pertama, bekerja di lingkungan dengan dominasi pria menjadi tantangan tersendiri bagi wanita, di mana kemampuan kerja wanita biasanya diragukan oleh rekan kerjanya. Lalu, risiko mengalami pelecehan seksual juga menjadi alasan tersendiri yang mengganggu karyawan wanita. Terakhir, kurangnya dukungan sosial juga menjadi alaasan lain mengapa tingkat hormon kortisol karyawan wanita menjadi kurang baik.

"Penemuan kami penting karena pola kortisol berhubungan dengan hasil kesehatan yang negatif. Proyek ini menunjukkan bukti bahwa iklim negatf yang sosial pada profesi yang di dominasi pria, berhubungan dengan negativitas kesehatan pekerja wanita," tulis peneliti pada laporan hasil studi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.