Kompas.com - 28/08/2015, 17:00 WIB
Sebuah studi terbaru yang memberikan peringkat kepada 50 negara bagian berdasarkan jumlah penduduk yang paling banyak dan mudah berkeriput. STYLECASTER.COMSebuah studi terbaru yang memberikan peringkat kepada 50 negara bagian berdasarkan jumlah penduduk yang paling banyak dan mudah berkeriput.
|
EditorAlvin Dwipayana

KOMPAS.com - Coba Anda bayangkan, di wilayah Indonesia bagian manakah yang penduduknya paling mudah berkeriput? Di Amerika Serikat, ada sebuah studi terbaru yang memberikan peringkat kepada 50 negara bagian berdasarkan jumlah penduduk yang paling banyak dan mudah berkeriput.

Studi tersebut dihelat oleh brand produk perawatan kulit RoC. Menurut studi ini, penduduk di negara bagian Alaska boleh berbangga, sebab penduduk negara bagian yang berbatasan dengan Kanada dan Rusia tersebut memiliki risiko yang amat kecil untuk mengalami permasalahan kulit, termasuk keriput.

RoC bekerjasama dengan firma riset Sperling untuk menyusun "Indeks Keriput" ini. Peringkat terhadap 50 negara bagian di Amerika Serikat tersebut didasarkan pada beberapa faktor yang potensial berkontribusi terhadap kerusakan kulit, seperti polusi udara, stres, paparan sinar ultraviolet, elevasi, dan berapa lama waktu yang dihabiskan sehari-hari dari rumah menuju tempat kerja.

Tidak mengejutkan, negara bagian yang berada pada urutan teratas Indeks Keriput ini adalah New York karena memiliki tingkat stres yang tinggi. Berada pada peringkat kedua adalah negara bagian Pennsylvania. Kondisi kota yang tidak pernah tidur seperti kota New York pun ternyata menyebabkan penduduknya sangat cepat mengalami penuaan.

Di samping itu, studi ini juga menemukan bahwa negara bagian yang selalu disinari matahari seperti Hawaii dan Mississipi adalah kawasan di mana penduduknya memiliki tingkat risiko yang paling rendah untuk mengidap kanker kulit serta aspek faktor keseluruhan yang menjadi acuan pemeringkatan tersebut.

Studi ini memang terdengar aneh dan tidak biasa. Akan tetapi, secara umum studi ini memberikan pesan untuk mengingatkan kita semua akan beberapa faktor nyata yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres, mengaplikasikan produk yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menjalani gaya hidup sehat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.