Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Amerika Serikat, Negara Bagian Mana yang Warganya Paling Berkeriput?

Kompas.com - 28/08/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Coba Anda bayangkan, di wilayah Indonesia bagian manakah yang penduduknya paling mudah berkeriput? Di Amerika Serikat, ada sebuah studi terbaru yang memberikan peringkat kepada 50 negara bagian berdasarkan jumlah penduduk yang paling banyak dan mudah berkeriput.

Studi tersebut dihelat oleh brand produk perawatan kulit RoC. Menurut studi ini, penduduk di negara bagian Alaska boleh berbangga, sebab penduduk negara bagian yang berbatasan dengan Kanada dan Rusia tersebut memiliki risiko yang amat kecil untuk mengalami permasalahan kulit, termasuk keriput.

RoC bekerjasama dengan firma riset Sperling untuk menyusun "Indeks Keriput" ini. Peringkat terhadap 50 negara bagian di Amerika Serikat tersebut didasarkan pada beberapa faktor yang potensial berkontribusi terhadap kerusakan kulit, seperti polusi udara, stres, paparan sinar ultraviolet, elevasi, dan berapa lama waktu yang dihabiskan sehari-hari dari rumah menuju tempat kerja.

Tidak mengejutkan, negara bagian yang berada pada urutan teratas Indeks Keriput ini adalah New York karena memiliki tingkat stres yang tinggi. Berada pada peringkat kedua adalah negara bagian Pennsylvania. Kondisi kota yang tidak pernah tidur seperti kota New York pun ternyata menyebabkan penduduknya sangat cepat mengalami penuaan.

Di samping itu, studi ini juga menemukan bahwa negara bagian yang selalu disinari matahari seperti Hawaii dan Mississipi adalah kawasan di mana penduduknya memiliki tingkat risiko yang paling rendah untuk mengidap kanker kulit serta aspek faktor keseluruhan yang menjadi acuan pemeringkatan tersebut.

Studi ini memang terdengar aneh dan tidak biasa. Akan tetapi, secara umum studi ini memberikan pesan untuk mengingatkan kita semua akan beberapa faktor nyata yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres, mengaplikasikan produk yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menjalani gaya hidup sehat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com