Kompas.com - 29/08/2015, 09:00 WIB
|
EditorAlvin Dwipayana

 

KOMPAS.com - Sepatu tumit tinggi meski dapat menunjang penampilan secara total, kenyataannya juga berpotensi membuat tubuh wanita cukup "menderita". Menurut penelitian, ada begitu banyak manfaat ketika seseorang tak lagi mengenakan sepatu tumit tinggi dan beralih ke sepatu datar. Berikut adalah empat keuntungan yang bisa Anda nikmati saat tak selalu mengenakan sepatu tumit tinggi seperti yang dilansir situs womenshealth:

1. Kaki Anda bertambah panjang

Pada sebuah jurnal yang terbit pada tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa pengguna sepatu tumit tinggi memiliki otot betis yang cenderung jadi lebih pendek. Hal tersebut disebabkan karena saat berjalan menggunakan sepatu tumit tinggi, tekanan besar berada pada ibu jari kaki, mata kaki, dan kondisi kaki keseluruhan selalu tegang. Sedangkan berjalan dengan sepatu datar membuat otot kaki kembali ke keadaan normal dan terhindar dari risiko jadi lebiih pendek.

2. Punggung bebas sakit

Sepatu tumit tinggi memang membuat bokong terlihat lebih indah. Namun ada pengorbanan di balik hal tersebut. Ternyata efek pada bokong ini terjadi akibat adanya tekanan di bagian tulang ekor serta otot punggung yang menyebabkan nyeri. Tubuh pengguna sepatu tumit tinggi tak akan stabil.

Menurut ahli, banyak wanita pengguna sepatu tumit tinggi mengalami sakit punggung yang luar biasa. Mengganti sepatu tumit tinggi dengan yang sepatu datar dapat membuat tubuh kembali pada postur alaminya.

3. Lutut terasa lebih nyaman

Ketika mengenakan sepatu tumit tinggi, artinya tekanan tubuh berada pada otot tendon dan ligamen yang berpusat pada lutut. Jika terlalu lama mengenakan sepatu tumit tinggi, maka tak jarang lutut akan terasa sangat sakit hingga dapat membuat seseorang tak lagi mampu berlari.

4. Keseimbangan tubuh lebih baik

Lewat studi kasus pada para flight attendant di Korea Selatan, penggunaan sepatu tumit tinggi selama bertahun-tahun dapat mengubah keseimbangan seseorang menjadi sangat buruk. Ketika mengenakan sepatu dengan ukuran hak yang lebih rendah, tentunya dapat mengembalikan kondisi kaki layaknya sebelum "terkontaminasi" sepatu tumit tinggi meskipun perlahan. Dengan begitu stabilitas dan keseimbangan tubuh juga akan menjadi lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.